Hajat Lembur Tradisi Budaya Setiap Bulan Muharam di Citali

4

BISNIS BANDUNG – Guna melestarikan budaya, khususnya  budaya Sunda, ratusan warga Desa Citali RW 01 Desa Citali Kecamatan Pamulihan menggelar tradisi Hajat Lembur. Kegiatan ini sebagai wujud  dari rasa syukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hajat Lembur  dilakukan secara turun temurun merupakan warisan dari nenek moyang  yang digelar setiap bulan Muharam.

Di terangkan oleh salah seorang  sesepuh  Desa Citali,kegiatan Hajat Lembur ini merupakan ungkapan perwujudan rasa syukur kami dari apa yang telah diperoleh warga desa dalam menjalankan kegiatan kehidupan sehari hari dalam meraih rezeki,keselamatan,berkah yang melimpah dan semua kebaikan kepada umatnya. Warga desa mensyukuri apa yang telah didapatnya  dengan menggelar Hajat Lembur seperti ini.
“Kami sebagai warga desa dan sebagai manusia ciptaan Allah,sangat mensyukuri nikmat dan rezeki yang berlimpah yang kami dapat dalam kehidupan sehari hari dari dulu hingga saat ini,bahkan kami berharap terus kedepannya tidak berkurang,maka dari itu sebagai rasa ungkapan syukur kami kepada Allah ya dengan cara menggelar hajat lembur . Selain itu , kagiatan ini juga merupakan tradisi yang sudah rutin kami gelar, selain budaya warisan yang harus dilestarikan, juga sebagai upaya memperkenalkan kepada generasi muda mengenai budaya ,” ujarnya, Minggu (8/9/19) menjelaskan kepada beberapa wartawan mengenai gelaran Hajat Lembur .

Gelaran Hajat Lembur dihadiri  seluruh warga Desa Citali,para sesepuh desa dan  unsur Forkopimda setempat di antaranya Kepala Desa dan Camat Pamulihan yang turut langsung dalam prosesi Hajat Lembur .
Banyak manfaat yang terkandung dari tradisi buhun ini, di antaranya sebagai bentuk munajat kepada Allah SWT.

Prosesi  Hajat Lembur  diawali dengan berkumpul di rumah sesepuh desa untuk berdoa,berlanjut dengan membagikan  air  yang sudah diberi doa  yang kemudian mencipratkannya ke bagian kepala  warga yang hadir,diiringi lantunan tembang kasepuhan dengan alunan musik kacapi yang terasa sangat khidmat,setelah itu seluruh warga melakukan makan bersama.Makanan yang disediakanpun dibawa masing-masing  warga  dengan berbagai macam jenis masakan hasil bumi.

Warga  berharap setelah dilakukan Hajat Lembur, masyarakat Dusun Citali bisa lebih makmur dan sejahtera dan sehat,  Asah Asih Asuh .
Sementara Camat Pamulihan Hari Tri Santosa,yang hadir pada acara gelaran hajat lembur tersebut,mengapresiasi masyarakat Dusun Citali RW 01 yang terus menjaga dan melestarikan tadisi Hajat Lembur.

“Kami apresiasi masyarakat Citali yang terus menjaga tradisi buhun hingga sekarang, semoga bisa terus dilaksanakan dan bermanfaat,” ujar Hari, salah seorang tokoh masyarakat.

(E-010) ***