Semerbak Profit Aroma Biji Kopi

20

BIJI kopi tidak hanya bermanfaat untuk diolah menjadi bahan dasar pembuatan bubuk kopi saja. Banyak manfaat lain dari hasil kebun ini diantaranya sebagai inovasi pewangi beraroma kopi bahkan pewangi ruangan.

Salah satu pemain yang melihat peluang bisnis tersebut adalah Hafidh Arrazi pemilik Kado Kopi yang baru saja memunculkan ide tersebut sejak akhir 2018.

Awalnya, produk Kado Kopi ini adalah Pewangi Kopi, sebuah produk pewangi ruangan yang menggunakan biji kopi alami. Kemasannya  tidak perlu proses rumit. Biji kopi yang sudah disangrai, dibungkus dalam kantong goni berspesifikasi khusus.

Ia juga sadar bahwa inovasi produk pewangi menggunakan kopi memang bukan orisinal dari dirinya. Namun dirinya tertarik untuk menyempurnakan produk yang telah ada tersebut dengan inovasi lain untuk meningkatkan kualitas agar menjadi produk baru. Ia berdalih memiliki keterbatasan dalam pengembangan produk tersebut.

Hafidh menceritakan, tenaga kerja yang ia rekrut merupakan hasil pemberdayaan tenaga kerja yang menganggur di usia produktif namun memiliki skill rendah. Ia mengembangkan usaha ini di Senden Mungkid, Magelang Jawa Tengah. Sampai hari ini, 100% produk Kado Kopi dibuat langsung oleh ibu-ibu dan bapak-bapak yang ada di desa tersebut.

“Kami menggunakan biji kopi robusta java di Jawa Tengah yang ditanam di ketinggian +- 900 Mdpl yang masih dirawat secara tradisional oleh para petaninya langsung,” terang Hafidh.

Dengan pembelian biji kopi langsung ke petaninya, ia juga melakukan roasting bijinya pada level roasting khusus yang memungkinkan aroma kopi berada pada level terbaik.

Setelah itu biji kopi hasil roasting akan di infus menggunakan minyak kopi racikan spesial untuk memperkuat aroma dan daya tahannya. Selanjutnya biji kopi tersebut dioper ke tenaga produksi di Magelang untuk “dirakit” menjadi pewangi ruangan yang berbalut goni berspesifikasi khusus.

Ia juga telah bermitra dengan 23 agen di 23 kota dari Jabodetabek, Sumatra hingga ke Papua. “Kami hanya bermitra dengan satu agen di tiap kota agar memberikan perlindungan terhadap agen,” jelasnya.

Kado Kopi punya tiga produk yakni Pewangi Ruangan aroma Black Coffee dengan harga jual Rp 35.000 per kantong, pewangi ruangan aroma capucino seharga Rp 35.000/pcs, dan tasbih biji kopi seharga

Rp 85.000 per unit . Produk pewangi ruangan ini bisa dipakai untuk pengharum mobil. Kado Kopi  juga sudah merencanakan untuk merilis produk baru di akhir Agustus ini. Namun belum dapat di informasikan seperti apa produknya.

Hadifh juga menjual produk buatannya secara online lewat beberapa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak atau bisa langsung mengunjungi instagram. “Produk kami juga bisa dijadikan untuk suvenir atau kado,” tandasnya.  (C-003/BBS)***