EKA SENTOSA Menjaga Budaya dan Lingkungan

15

Berkunjung ke kawasan Ekowisata Alam Santosa di Pasir Impun Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung , kita seakan menyatu  dengan alam dan budaya.

Eksistensi kawasan tersebut berdiri tiada lain untuk melestarikan budaya Sunda dan suasana hutan untuk menjaga lingkungan. Pengelola sekaligus pemiliki kawasan tersebut , Eka Santosa mengungkapkan , Ekowisata Alam Santosa ini mengangkat tema “Nyoreang alam katukang, nyawang alam anu bakal datang,” yang bermakna mempelajari kejeniusan masyarakat tempo dulu untuk melihat kedepan.  Warisan karuhun Sunda yang sangat luar bisa dijaga untuk dihidupkan kembali.

“Saya menemukan lahan ini pada awalnya karena rumah saya yang terletak di Arcamanik pernah mengalami kebanjiran dengan karakter banjir yang mengandung  kerikil dan tanah  merah. Maka saya menyimpulkan bahwa banjir ini berasal dari daerah atas,” tutur Eka.

Setelah itu, Eka pun menelusurinya dan ditemukanlah sebuah kawasan yang menjadi Ekowisata Alam Santosa saat ini.

“Saat itu lahannya kritis, daerah  gundul tanpa pepohonan, hingga akhirnya saya tergerak untuk merecovery alam tersebut. Dengan menanam berbagai tanaman dan pohon seperti Dukuh, Naranti, Ganitri, Cempaka, Mala, Damar dan lain sebagainya,” papar kang Eka kepada BB saat santai di kawasan Ekasentosa, akhir pekan lalu. (E-011) ***