Gadai SK ke Bank Hal yang Lumrah Bagi Legislator

9

BISNIS BANDUNG – Menggadaikan surat keputusan (SK)  untuk pencairan  kredit ke perbankan adalah hal yang wajar jika dilakukan para anggota dewan selama menjabat lima tahun. Sampai sejauh ini,  dari 120 Anggota DPRD periode  2019-2024  belum ada yang menggadaikan SK-nya.

Kabag Keuangan Sekwan Jabar Iis Rostiasi mengatakan pengajuan kredit ke perbankan dengan menggadaikan SK biasanya melalui rekomendasi pihaknya. Hal itu sesuai dengan aturan Pergub Nomor 41 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Anggota Dewan.

“Biasanya pengajuan kredit ke bank itu melalui rekomendasi kami, seperti SK pelantikan dan payroll (sistem penggajian). Jadi pihak bank survei ke kami terkait pengajuan itu nanti,” kata Iis,  pekan ini.

Hanya saja,  diakuinya sejauh ini pihaknya belum bisa memberikan rekomendasi mengenai pengajuan kredit ke bank. Sebab, alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Jabar belum terbentuk.

“Karena kan biasanya mereka tanya komisi berapa, fraksi apa. Karena belum terbentuk, kita belum bisa kasih rekomendasi. Tapi kalau mau mengajukan, kami persilakan langsung saja ke bank, kan mereka punya SK sendiri juga,” ucapnya. (B-002)***