Musim Kemarau, Petani Sayur Mengeluh Kekurangan Air

7

Kemarau panjang terjadi beberapa bulan terakhir ini membuat petani sayur di Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Mulai mengalami kesulitan air untuk menyiram tanamannya. Hal itu berdampak pada kesuburan tanaman karena kurangnya pasokan.

Kekeringan tidak hanya dirasakan oleh petanipadi. Tanaman sayur milik petani di Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, merasakan dampak kekeringan akibat kemarau ini. Sudah tiga bulan terakhir petani sayur kesulitan air untuk menyiram tanamannya. Untuk menyiasati hal itu, para petani membuat penampungan dengan menggali tanah membuat kolam untuk menampung air. Jumlah air yang ditampung bisa menyiram tanamannya.

Salah seorang petani mengaku sudah lama membuat penampungan air dengan ukuran 1×1 Meter. Penampungan air itu mesti dibuat karena untuk menyimpan stok air untuk menyirami tanaman setiap harinya. Dengan membendung saluran air dari kolam besar.

Tanaman sayur tersebut tidak membutuhkan air lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman padi yang membutuhkan air lebih banyak. Namun kondisi sekarang ini membuat air sangat sulit didapatkan.

Budi Setiawan, Bandung Tv.