Petugas Gabungan Gelar Razia Kendaraan Besar Direst Area Tol Cipularang, Antisipasi Kecelakaan Maut

6

Sejumlah kendaraan besar jenis truk dan bus terjaring razia dalam operasi patuh lodaya di ruas Tol Cipularang Kilometer 125 Kota Cimahi. Dalam razia ini sebanyak 3 Unit kendaraan besar terpaksa dikandangkan petugas karena melebihi kapasitas barang atau overload. Razia ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan di Tol Cipularang, pasaka laka maut beruntun di Km 92 Purwakarta pada pekan lalu.

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Cimahi melakukan razia terhadap kendaraan besar dalam Operasi Patuh Lodaya 2019, di ruas Tol Cipularang Kilometer 125 Kota Cimahi. Satu persatu kendaraan besar jenis  truk diperiksa petugas mulai dari Gas, Rem, Setir hingga ban. Bahkan sejumlah kendaraan truk yang melebihi kapasitas barang harus ditindak lebih tegas dengan dikandangkan atau diberhentikan perjalanannya.

Tak hanya truk armada bus dari berbagi jurusan yang melewati ruas Tol Cipularang tak luput dari pemeriksaan petugas gabungan. Selain pemeriksaan rem, gas dan ban, petugas pun memeriksa kelengkapan surat surat kendaraan. Razia yang dilakukan selama dua jam ini, petugas mengkandangkan 3 unit truk yang melebihi kapasitas barang karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Operasi patuh lodaya di ruas Tol Cipularang ini dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan di ruas tol, seperti pada pekan lalu di Km 92 Purwakarta yang menewaskan 9 orang akibat laka maut beruntun. Tak hanya itu di wilayah hukum Polres Cimahi juga sempat terjadi laka di gerbang tol keluar cikamuning, bus menabrak mobil elf yang sempat terekam kamera cctv.

 Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv