Keracunan, 23 Orang Terpaksa Dirujuk Ke Rumah Sakit

16

Kasus keracunan makanan, kembali terjadi di Sukabumi. Kali ini, ratusan warga Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan, usai mengkonsumsi makanan di acara tahlilan. Dua puluh tiga orang diantaranya, harus dirujuk ke rumah sakit, karena kondisinya lemah.

Sebanyak 136 warga Kampung Pangkalan, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, terpaksa harus dilarikan ke puskesmas setempat. Mereka, diduga keracunan makanan tahlilan, di rumah salah seorang warga. Korban yang didominasi anak-anak dan lansia ini mengeluh mual, pusing dan diare, usai mengkonsumsi makanan yang diberikan dari acara tersebut.  Hingga kini, mereka harus menjalani perawatan intensif, dengan diberikan cairan infus dan disuntik untuk menggantikan cairan yang hilang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Kabupaten Sukabumi, Damayanti Pramasari mengatakan, sebanyak 23 orang terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit, karena kondisinya sudah lemah setelah mengalami Mual, Muntah, Pusing dan Diare, sehingga mereka mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan. Sedangkan 17 orang masih dirawat di puskesmas, sisanya telah dipulangkan karena kondisinya sudah membaik. Petugas juga telah mengambil sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan warga.

Hingga kini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi masih menunggu hasil  uji laboratorium, untuk mengetahui penyebab pasti keracunan tersebut. Sebelumnya, kasus keracunan menimpa ratusan buruh pabrik, usai mengkonsumsi makanan di warung saat jam istirahat pabrik.

Budi Setiawan, Bandung Tv.