Pembangunan Jalan Desa Kualitasnya Buruk Dan Terindikasi Menyalahi Aturan

13

Pembangunan jalan desa di tiga lokasi, di Desa Sukajadi Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, terindikasi menyalahi aturan pemerintah. Pasalnya, jalan yang baru dibangun satu minggu tersebut, sudah retak dan terbelah.

Baru satu minggu selesai pengerjaan, jalan rabat beton di Desa Sukajadi, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, kini kondisinya sudah mengalami retak-retak dan rapuh.

Camat Cibinong – Dadang menyatakan, berdasarkan laporan dilapangan banyak keluhan dari masyarakat, terkait pembangunan jalan desa. Laporan tersebut, terkait adanya pihak pelaksana proyek pembangunan, keterlibatan warga dalam pengerjaan proyek pembangunan serta kualitas dan kuantitasnya.

Terkait adanya pengaduan dari masyarakat pihak kecamatan langsung menurunkan tim verifikasi ke lapangan, dan memanggil kepala Desa Sukajadi. Namun hingga saat ini, tidak kunjung datang ke kecamatan untuk memberikan penjelasan detail, terkait pembangunan jalan desa.

Menurut dadang, dari ke empat belas desa dikecamatan cibinong yang melakukan pembangunan jalan desa, hanya Desa Sukajadi yang terindikasi menyalahi aturan dalam proses pengerjaannya.

Sementara itu, saat akan dikonfirmasi kepala Desa Sukajadi, enggan mengomentari terkait proyek dana desa tersebut.

Merujuk kepada data, ada tiga lokasi jalan desa yang sudah dibangun, yakni pertama di Kampung Ankola Sepanjang 90 Meter menggunakan anggaran dari provinsi jawa barat sebesar 70 juta. Kemudian kampung cangkuang dengan kampung panganclahan, sepanjang 273 Meter menggunakan anggaran dari dana desa tahap dua, sebesar 160 juta, dan ketiga di jalan angkola satu dan dua sepanjang 260 meter, menghabiskan anggaran dari dana desa tahap dua sebesar 154 juta.

 

Heri Setiawan , Bandung Tv .,