Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2019 Wildan Firmansyah dan Partini Cakrawati  

13

Kegiatan pemilihan duta bahasa Jawa Barat,merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Barat,Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kegiatan ini merupakan tahun ke-14. Pemilihan duta bahasa pelajar memilih pemuda dan pemudi di Jawa Barat yang memiliki kemahiran dalam berbahasa Indonesia , sikap serta perilaku bahasa mereka dapat menjadi teladan bagi masyarakat. Peserta Duta Bahasa Jawa Barat yang daftar tahun 2019 berjumlah 684,berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Pada tahap pertama seleksi  lolos 150 peerta untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.Seleksi tahap dua ialah uji kemahiran berbahasa Indonesia,uji kemahiran berbahasa asing,menulis esai dalam tiga bahasa,bahasa Indonesia,bahasa daerah dan bahasa asing, selain wawancara.Dari 150 peserta tersebut mengerucut menjadi  40 orang dan berhak mengikuti babak final.Para finalis mengikuti pembekalan selama dua hari pada tanggal 12-13 september 2019 bertempat di Balai Bahasa Jawa Barat Jalan Sumbawa no 11 Bandung.Agenda selanjutnya pada tanggal 14 September  dengan materi disebut malam bakat di saung angklung Mang Udjo.

Para finalis unjuk kebolehan dalam malam bakat tersebut,mereka diberikan kebebasan untuk berkreasi.Mulai dari menari, menyanyi membaca puisi maupu kreasi seni lainnya.Selain malam bakat masih terdapat beberapa proses seleksi lainnya,  seperti presentasi program yang harus mereka implementasikan bila  terpilih sebagai duta bahasa pelajar Jawa Barat. Berbagai proses seleksi ini dilakukan agar duta bahasa pelajar Jawa Barat benar – benar memiliki kemampuan serta keunggulan yang cukup tinggi dalam mengemban tugasnya.

Babak final berlangsung pada tanggal 15 September 2019 bertempat el Royale Hotel.Acara dibuka dengan sambutan dari Drs Muh Abdul Khak M.Hum selaku Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Dilanjutkan dengan  pengujian dari dewan juri. Para finalis mendapatkan berbagai pertanyaan dewan juri dan diharuskan menjawab dalam waktu tertentu.Kesesuaian antara jawaban dengan limit waktu yang diberikan merupakan bagian dari pemberian nilai.Setelah  melalui proses cukup panjang, Wildan Firmansyah dan Partini Cakrawati terpilih menjadi duta bahasa pelajar  Jawa Barat tahun 2019. (E-001) ***