Wisata Alam Curug Mas Melihat Situs Tenggelam

67

Wisata Alam Curug Mas  di pesisir timur bendungan Jatigede Sumedang  wilayah Desa Sukakersa yang sebagian besar wilayahnya tenggelam tergenang air bendungan Jatigede. Awalnya kawasan ini terkenal dengan Situs Curug Mas, namun situs ini kini terendam bendungan Jatigede.Aksebilitas menuju lokasi bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, belum dilalui jalur/trayek  angkutan umum.Oleh karena itu harus menggunakan kendaraan pribadi. Jalur yang digunakan biasanya melalui Wado-Jatinunggal,kemudiam masuk kewilayah Aggaranu, Tarikolot, Sirnasari kemudian Ciboboko, barulah memasuki kawasan wisata Curg Mas.Sesuai dengan namanya, obyek wisata  Curug Mas  berdekatan dengan aliran sungai Cimanuk.

Wisata ini dikembangkan oleh Perum Perhutani KPH Sumedang bekerjasama dengan LMDH Desa Ciranggem. Area obyek wisata ini menyajikan kondisi alam yang sejuk karena masih berupa kawasan hutan yang dipenuhi dengan pepohonan. Di sekitar lokasi wisata  dibangun beberapa bangunan penunjang wisata , seperti saung ranggon, gazebo, tempat duduk dan bangunan lainnya. Di sini juga tersedia perahu dan rakit yang bisa digunakan pengunjung untuk mengarungi bendungan Jatigede. Bagi yang menyukai wisata memancing,  bisa dilakukan  di pinggir bendungan atau jauh agak ke tengah bendungan.Untuk tarifnya sendiri, pengunjung  membayar karcis tanda masuk seharga Rp 5.000.

Kawasan Curug Mas dibangun menjadi kawasan wisata dengan bentuk wisata alam di lengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung wisata.Topografi kawasan  berupa wilayah hutan dengan pepohonan mahoni mendominasi.Di bawah rindangnya pepohonan dibangun beberapa fasilitas seperti gazebo,tempat duduk terbuat dari papan kayu dan lainnya. Pihak pengelola juga membangun rumah pohon yang menghadap ke bendungan Jatigede. Dari atas rumah pohon ini terlihat hamparan bendungan Jatigede sejauh mata memandang. Rumah pohon ini menjadi lokasi favorit para pelancong yang berkunjung ke kawasan wisata Curug Mas.

Lokasi wisata ini mengandalkan  panorama bendungan Jatigede yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto (selfie) dan berperahu  membawa pengunjung berkeliling bendungan Jatigede. Salah satu kelebihan lokasi wisata ini adalah lokasinya yang dekat dengan bangunan bendungan Jatigede, sehingga pengunjung bisa melihat dari dekat bendungan Jatigede walaupun tidak masuk langsung ke kawasan bendungan. Dari lokasi ini, pengunjung bisa melihat pemandangan indah hamparan bendungan Jatigede dari ketinggian dengan jajaran beberapa pulau di tengahnya termasuk Gunung Surian. (E-001) ***