Jangan Biasakan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

110

Rata-rata motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Sistem ini diklaim lebih irit bensin ketimbang karburator.

Selain itu, sistem ini juga lebih mudah dalam hal perawatan. Meskipun motor injeksi mudah dirawat, bukan berarti kuda besi tidak cepat rusak.

Jika anda malas merawat, apalagi ganti oli, motor jenis apa pun akan lebih cepat rusak. Aturan yang sama berlaku jika motor anda sering kehabisan bensin.

Tangki bensin yang minim apalagi sampai kering bisa merusak fuel pump. Pasokan bahan bakar  sistem injeksi dengan pompa yang berbentuk dinamo.

Komponen ini memerlukan pendinginan melalui bahan bakar pada kendaraan. Kalau sampai habis, pompa akan bekerja lebih berat karena tak ada pendinginannya.

Fuel pump di motor injeksi punya fungsi penting dan sangat vital. Karena fuel pump ini yang mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan bahan bakar agar tetap tinggi.

Namun ada kalanya fuel pump ini melemah dan menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah. Alhasil bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal. Dan pastinya pembakaran tidak akan bisa optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu sendiri.

Ciri-ciri Fuel Pump Melemah  :

  1. Motor susah dihidupkan

Waspada jika motor injeksi susah untuk dihidupkan. Sudah pasti ada yang salah jika motor susah untuk dihidupkan. Bisa jadi fuel pump tidak bekerja  semestinya,  hingga anda harus menyalakan electric starter berkali – kali.

Dalam kondisi normal, motor injeksi akan langsung nyala ketika electric starternya ditekan. Hal ini didukung oleh fuel pump yang memompa bensin secara otomatis saat kontak motor ON. Jadi hampir bisa dipastikan ada yang tidak beres pada fuel pump saat motor tidak bisa nyala dalam sekali pencet electric starter.

  1. Suara dengungan menjadi pelan

Seperti diuraikan di atas, saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Kecurigaanmu harusnya meningkat ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya. Bisa jadi memang fuel pump motormu sedang bermasalah dan sedang dalam kondisi lemah.

Saat ini yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke dealer service terdekat untuk memastikan keadaannya. Jangan sampai membawanya ke bengkel saat fuel pump sudah tidak berfungsi lagi.

  1. Lampu indikator berkedip

Pertanda yang paling jelas adalah adanya kedipan pada check engine lamp. Sudah jelas kalau ada masalah yang terjadi pada motor, jika check engine lamp berkedip. Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai kedua gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motor minta untuk diservis.

Oleh karenanya buruan bawa motormu untuk diservis di bengkel resmi terdekat. Biasanya di bengkel resmi, fuel pump akan langsung dites dengan menggunakan alat bernama full pressure gauge. Dengan menggunakan alat ini, tekanan yang dihasilkan oleh fuel pump akan langsung terbaca. Jika ada masalah, pasti langsung ketahuan.

Memang fuel pump adalah salah satu part terpenting yang ada di motor injeksi. Oleh karenanya anda wajib menjaga motor agar selalu sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga agar motor tidak kehabisan bensin. Hal sepele seperti ini bisa menyebabkan kinerja fuel pump terganggu. (E-002/BBS)***