Waktu Untuk Ganti Gir dan Rantai

54

Tak sama dengan matic, motor bebek dan sport masih menggunakan gir dan rantai sebagai penggeraknya. Dua komponen ini memiliki tugas yang cukup penting. Oleh karena itu, dua komponen ini harus dirawat agar kondisinya tetap prima.

Gir dan rantai bertugas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Ini berisiko menurun performanya dengan pemakaian dan durasi. Para memilik motor seharusnya bisa memahami kapan waktu yang tepatuntuk mengganti gir dan rantai motor.

Biasanya, gejala gir dan rantai sudah harus diganti itu akan diawali dengan terdengarnya bunyi kasar ketika kendaraan dipacu dijalan. Suara ini berasal dari bagian rantai. Untuk menghilangkan suara tersebut, melumasinya kembali atau mengatur keregangannya lagi bisa menjadi solusi.

Kalau masih bisa diatur keregangannya dan suara kasar hilang ketika dilumasi, itu artinya rantai masih dalam kondisi baik dan penggantian belum perlu diganti. Suara ini terdengar hanya karena ada tanda-tanda muncul keausan saja.

Kalau ban bagian belakang sudah ditarik sampai maksimal dan rantai masih saja terlalu renggang, itu pertanda rantai sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. (E-002)***