Daud: YSC  Asah  Kompetensi Melenial Menjawab Tantangan

5

BISNIS BANDUNG — Ajang Young Scientist Competition (YSC) ke-7 yang diikuti  pelajar SMP, SMA dan SMK se Jawa Barat berlangsung  18 dan 19 September 2019 di Kantor Disdik Jabar Jalan Radjiman 6 Kota  Bandung. Materi yang diperlombakan meliputi matematika, ilmu komputer, fisika, environmental science dan life science.

Penjabat Sekda Jabar, Daud Ahmad mengungkapkan kegiatan itu dapat meningkatkan literasi, membangun karakter serta mengasah kompetensi generasi muda. Ketiga hal tersebut merupakan bekal positif bagi generasi muda dalam menjawab tantangan di era industri 4.0.

Selain itu, ajang ini merupakan adu kemampuan para peneliti belia berusia 13-19 tahun. Mereka mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Mereka dapat membangun kreativitas pelajar untuk berkarya dan mengapresiasi ilmu pengetahuan, sebagai salah satu upaya meningkatkan daya inovasi, literasi serta nilai-nilai logika, etika dan estetika.

Mantan Pj. Bupati Cirebon dan Pangandaran menghatakan ajang  YSC juga dapat membantu siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif guna mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih berakhlak, berilmu serta bisa mewujudkan mimpi di masa depan. Salah satunya, menjadi agen pemuda berkualitas yang ikut berkontribusi membangun Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Prov. Jabar Yesa Sarwendi mengatakan Young Scientist Competition bertujuan untuk meningkatkan minat belajar sekaligus memotivasi guru untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam menghadapi era industri 4.0. (B-002)***