Mabes Polri Dan Polres Cianjur Grebeg Pabrik Mie Berformalin

9

Subdit 1 direktorat tindak pidana tertentu Bareskrim Polri, dan Polres Cianjur, berhasil mengungkap pabrik pembuatan mie berformalin. Dari hasil penggerebegan tersebut, Polisi mengamankan tujuh orang pelaku, dan barang bukti berupa mie mengandung formalin seberat 2,5 kwintal siap edar, satu mesin produksi, satu unit mobil pikup, dan formalin.

Subdit 1 direktorat tindak pidana tertentu Bareskrim Mabes Polri dan Polres Cianjur, selasa siang, berhasil mengungkap pabrik pembuatan mie berformalin di kampung kepuh, desa gudang, cikalong kulon, Kabupaten Cianjur. Dalam penggerebegan dan pengungkapan tersebut, petugas gabungan berhasil mengamankan tujuh orang pelaku, beserta barang bukti berupa 2,5 kwintal mie berformalin siap edar, satu mesin produksi, serta satu mobil pik-up yang dipakai untuk mengangkut mie, dan formalin. Tujuh pelaku tersebut yakni pemilik pabrik, pengelola pabrik dan lima karyawan. Dalam sehari para pelaku berhasil memproduksi 300 kilo mie berformalin, siap edar. Penangkapan dan penggerebegan tersebut, merupakan hasil dari pengembangan dan pemeriksaan petugas, dari tersangka yang sudah terlebih dahulu diamankan. Wakapolres Cianjur-Kompol Jaka Mulyana mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari para pelaku, mie berformalin hasil produksinya dipasarkan di wilayah Kabupaten Cianjur. tersangka mengaku sudah beroprasi sejak dua tahun terakhir.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 136 Undang-undang Nomor 18, Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman pidana penjara, maksimal lima tahun dan denda sebesar 10 milyar rupiah, serta Pasal 8 Ayat 1 A Junto Pasal 62 Ayat 1 Undang-undang Nomor 8, Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda sebesar 20 milyar rupiah.

Heri Setiawan, Bandung Tv.