Pemkot Bandung Gagas Gerakan Adzan Dan Kalibrasi Arah Kiblat

4

Walikota Bandung, Oded M Danial secara resmi membuka kegiatan gerakan mengumandangkan adzan serentak, dan kalibrasi arah kiblat di Mesjid Al-Ukhuwwah, kota bandung, rabu siang. Gerakan kumandang adzan tersebut, dilatarbelakangi lemahnya penggunaan jam digital, sebagai patokan waktu adzan.

Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung, mencanangkan gerakan mengumandangkan adzan serentak, dan kalibrasi arah kiblat, yang dibuka langsung oleh Walikota Bandung, Oded M Daniel di Mesjid Al Ukhuwwah, Kota Bandung, rabu siang.

Gerakan dengan sebutan gemar kiblat tersebut, dilatarbelakangi lemahnya penggunaan jam digital sebagai patokan waktu adzan, sehingga masyarakat bingung dengan gema adzan yang tidak serentak, di Mesjid atau Moshola serta siaran radio maupun televisi.

Tidak serentaknya kumandang adzan tersebut, disebabkan beberapa faktor, diantaranya real time jam digital yang tidak sesuai, dan tidak merujuk pada sumber jam server BMKG.

Selain itu, jam pun tidak pernah dikalibrasi secara rutin serta tidak merujuk standar resmi BHR Kota Bandung, dan Bimas Islam Kementrian Agama RI.

Selain permasalahan adzan, arah kiblat pun hingga kini masih jadi perbincangan. Untuk kepastian dan kenyamanan kaum muslimin diharapkan, seluruh kaum muslimin mengkalibrasi arah kiblat sesuai petunjuk dari BHR Kota Bandung.

Untuk itu, BHR menghimbau agar para muazin untuk memanfaatkan sistem informasi radio adzan bandung, 10 menit menjelang azdan.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.