Anak Muda Bandung Bisnis Pengolahan Biji Kopi

124

KOPI sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Berbagai kalangan dari tua sampai yang muda memiliki selera tersendiri dalam memilih kopi. Industri kopi pun semakin berkembang di Tanah Air kini.

Seorang anak muda di Bandung ikut terjun dalam bisnis kopi dalam bentuk sebuah home industry (industri rumahan) pengolahan biji kopi (green bean) yang dinamai ‘Caracal Coffee Roasters’.

Bertempat di daerah Riung Bandung dengan bermodalkan satu mesin roasting (sangrai), Yoseano Vito (22), sang pemilik Caracal mampu mengembangkan usaha pengolahan biji kopi dengan mendistribusikan hasil sangrai biji kopinya ke lima puluh kedai kopi di daerah Bandung Raya.

Dua jenis biji kopi yang diolah yaitu kopi jeni Robusta dan Arabica. Sedang asal kopi diambil dari berbagai daerah. Namun kebanyakan biji kopi yang diolahnya berasal dari daerah Ciwidey atau Puntang.

“Namun pernah juga mengambil dari luar Pulau Jawa seperti Sumatera bahkan hingga Papua,” kata Vito.

Vito mengharapkan industri kopi di Tanah Air, khususnya Bimu Pasundan, semakin berkembang karena kopi Indonesia memiliki citarasa yang sangat beragam dan aromanya sangat nikmat. Selain itu kopi Indonesia ini sudah diakui citarasanya di mancanegara. (C-003/Bbs)***