MAKE X ROBOTIC COMPETITION 2019 DIGELAR DI BANDUNG

22

BISNIS BANDUNG – Antusiasme masyarakat atas robotika dari tahun ke tahun dirasakan makin meningkat. Terbukti dari beberapa ajang kompetisi robot yang begitu  banyak diminati. Dan teknologi robot saat ini pun sangat dibutuhkan dalam bidang pendidikan karena tuntutan globalisasi.

Salah satunya adalah Bina Bangsa School, institusi sekolah yang telah mendapatkan berbagai penghargaan akademik dan lainnya serta terus berkomitmen  membangun bangsa dengan membina generasi bangsa.

Di aula sekolahnya di kawasan Sentra Dago Pakar Raya Blok F-1 Resort Kota Bandung, Make X Robotic Competition kembali diadakan pada tahun kedua yang digelar selama dua hari dari tanggal 19 hingga 20 September 2019 . Kemudian secara konsisten menyelenggarakan pendidikan yang tidak saja unggul di bidang akademik tapi juga non-akademik.

Miss  Eva selaku Director Bina Bangsa School Bandung mengatakan para peserta kompetisi kali kedua Bina Bangsa School  kebanyakan dari cabang  Bina Bangsa School yang tersebar di Indonesia mulai dari Jakarta, Semarang, Malang, Bandung, dan Balikpapan.

Adapun kategori yang dilombakan dibatasi dengan usia tingkat  SD, SMP maupun SMA dengan total keseluruhan sekitar 141 tim dan diharapkan dengan ada kegiatan ini para siswa-siswi kami lebih menyukai kelas IT dan mereka juga tidak menganggap bahwa coding ataupun programming adalah sesuatu yang membosankan tapi malah sesuatu yang fun, karena kedepannya 21st century learning akan memfokuskan lebih banyak ke arah teknologi maupun komputer.

Cristopher Alexander Wijaya selaku Juara I  Make X Competition 2018 menambahkan,   kompetisi yang sekarang lebih sedikit mudah karena  disiapkan manual area untuk bisa berlatih sendiri.  Ia   memberi pesan bagi yang ingin ikut kompetisi Robotik harus memiliki mindset  yang bagus dan pintar dalam menentukan coding  atau pemrograman robotic .

Make X Competition adalah lomba robotik berasal dari  China yang didukung oleh Makeblock sebagai pengembang pendidikan edukasi STEAM (Science Technologi Engineering Art Math) sesuai dengan latar belakang perusahaan Makeblock, maka lomba robotik kali ini mengangkat tema City Guardian. Pesertanya sendiri  telah melakukan persiapan sejak sebulan lalu ,  para peserta harus mencari pemecahan masalah dalam bentuk disain konstruksi robot (engineering) dan pemrograman (coding). Adapun jumlah peserta yang berpartisipasi lebih dari 100 tim berasal dari tingkat SD dan SMP yang merupakan perwakilan murid-murid dari berbagai kampus cabang Bina Bangsa School di Indonesia yang akan berkompetisi untuk menjadi perwakilan Indonesia di kancah Internasional di China yang berkompetisi dengan lebih dari 30 negara lainnya, pada Desember 2019 mendatang.

Turut hadir dalam acara pembukaan, di antaranya   Miss. Eva (Director Bina Bangsa School Bandung), Mr. Alvin S. Miclat  (Bina Bangsa School  Head MIS/IT ASD),  Mr. Lemuel (Bina Bangsa School Bandung Principal), dan Erwin Octavia (Head of Representative Makeblock di Indonesia) yang sekaligus sebagai penyelenggara Make  X di Indonesia.

Sedangkan Reina sebagai peserta Make X Competition 2019, menuturkan kompetisi ini sangat seru dan menyenangkan.  Para peserta dituntut  mencari pemecahan masalah dalam bentuk disain konstruksi robot (engineering) dan pemrograman (coding). Reina  berpesan buat para peserta agar terus mencoba sampai menjadi yang terbaik dan jangan pantang menyerah .

Agatha Vianny Eryanto sebagai peserta Make X Competition 2019 menyebutkan  lewat  pengalamannya mengikuti kompetisi di Malang dan Jakarta pada tahun sebelumnya  berambisi masuk ke babak kualifikasi final .

Ini menjadi salah satu bukti kesiapan Bina Bangsa School Bandung dalam melengkapi murid-muridnya untuk menyongsong abad 21 dan siap berbicara di kancah international. Karena Bina Bangsa School adalah sekolah internasional yang didirikan dengan tujuan memberikan pendidikan berkualitas yang diakui secara internasional kepada anak Indonesia, melalui sistem pengajaran dengan bahasa pengantar Inggris dan Mandarin secara aktif.

Saat ini Indonesia dipercaya untuk menjadi salah satu kandidat sebagai penyelenggara lomba Make X Robotic tingkat ASEAN di tahun 2020. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja sama dan jerih payah dengan para peserta  yang telah menunjukkan kepada dunia semangat dan antusias mereka sebagai anak  Indonesia yang berbakat dan berpotensi di dalam dunia robotika. (E- 009) ***