Diseminasi Gerakan  Literasi 2019 di Kota Cimahi

19

Sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Layaknya suatu gerakan, pelaku GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha dan  lembaga lain.

Balai Bahasa Jawa Barat sebagai UPT Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra serta pengembangan, pembinaan dan pengawasan sistem perbukuan. Salah satu program prioritas Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan di tahun 2019 ini adalah Gerakan Literasi Nasional.

Pada tahun 2019 ini, selain melaksanakan penyuluhan kepada guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Balai Bahasa Jawa Barat juga melaksanakan kegiatan Diseminasi GLN di Kota Cimahi.. Kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Kota Cimahi dilaksanakan dengan pola 8 jam bertema “Meningkatkan Literasi Baca-Tulis Berbasis Kearifan Lokal Jawa Barat”. Kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Kota Cimahi ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi masyarakat di Kota Cimahi dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Barat dalam rangka pemantapan karakter bangsa.

Materi yang disampaikan kepada peserta, yaitu Kebijakan Gerakan Literasi Nasional Balai Bahasa Jawa Barat, Menumbuhkan Motivasi Menulis, Proses Kreatif Menulis, Revitalisasi Cerita rakyat, dan Pengembangan Gerakan Literasi Baca-Tulis di Masyarakat. Sasaran kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Kota Cimahi adalah guru SD, guru SMP dan 50 anggota komunitas. Target kegiatan penyuluhan ini adalah 200 orang peserta. Narasumber pada kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional ini adalah Kepala Balai Bahasa Jawa Barat dan dua orang Fasilitator Literasi Jawa Barat.Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Kota Cimahi ini direncanakan dilaksanakan  Selasa 24 September 2019 di Hotel Smply Valore, Cimahi. (E-001) ***