Hajat Laut Cimari Pesta Budaya Masyarakat Pesisir

17

Kabupaten Garut mempunyai sejuta pesona keindahan alam yang dapat membuat orang berdecak kagum bagi yang menyaksikan dan menikmatinya. Kab. Garut memilikii 42 kecamatan yang terbentang dari Limbangan (utara) – Cibalong (selatan)- Talegong (barat) – Malangbong (timur).Kawasan utara dan tengah wilayah Kabupaten Garut berderet dari gunung-gunung, gunung berapi, bukit dan hamparan sawah datar dan terasering yang ditengahnya membentang sungai Cimanuk. Gn. Cakrabuana, Gn. Kaledong, Gn. Guntur, Gn. Haruman, Gn.Mandalawangi, Gn. Talagabodas, Gn. Karacak, Gn. Kancil, Gn. Cikuray dan Gn. Papandayan.Kawasan selatannya berbukit-bukit dengan sungai yang berair jernih disela-sela bukit. Sungai Cimari, Sungai Cikandang, sungai Cibaluk, Sungai Cilaki di antaranya yang menyembunyikan sejumlah air terjun. Bentang alam perkebunan, hutan lebat yang berujung di pantai berpasir putih dan karang yang luar biasa indahnya di wilayah selatan yang langsung menghadap Samudra Hindia.Kabupaten Garut memiliki garis pantai terbentang di tujuh wilayah kecamatan mencakup wilayah Kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Pakenjeng, Mekarmukti, Bungbulang  dan Caringin.

Ada sebuah kearifan lokal di kawasan pesisir selatan Garut yang digelar di Pelabuhan Cimari Muara, Desa Karangsari, Kecamatan Pakenjeng , yaitu Hajat Laut. Prosesi Hajat Laut dilaksanakan masyarakat pesisir muara Cimari sejak puluhan tahun. Hingga sekarang, prosesi budaya tersebut dilakukan dengan sangat meriah. Biasanya, sebagian besar nelayan maupun masyarakat umum mengikuti prosesi tersebut.Agenda umum yang dilakukan ialah melarung berbagai macam sesaji seperti hewan ternak,makanan maupun benda benda lainnya. Ritual tasyakur nelayan daerah Cimari berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Kegiatan ini lebih sederhana namun terasa lebih khidmat. Harapannya semoga upacara adat seperti ini masih bisa dilaksanakan oleh warga setempat dalam rangka melestarikan warisan budaya nenek moyang.

Perwujudan dari hajat laut ialah sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil laut yang mereka peroleh.Selain menikmati festival Hajat Laut, wisatawan dapat menelusuri sepanjang pantai menuju muara, berenang di muara  dan bersantai disepanjang pesisirSebenarnya kegiatan Hajat Laut ini bisa dijadikan atraksi wisata unggulan,apalagi setiap tahunnya  selalu dilakukan oleh masyarakat setempat.Beberapa perbaikan dalam acara ini memang perlu dilakukan terutama kemasan acara agar menarik bagi pelancong,selain itu perlu pula dipikrkan akomodasi bagi para pelancong yang berkunjung ke acara ini.Dengan perhatian pemerintah serta adanya investor yang berani untuk menginvestasikan dananya,bukan hal mustahil bila atraksi wisata ini bisa menjadi atraksi wisata unggulan Garut selatan. (E-001) ***