Mobil Mogok Cek Sistem Saluran Bahan Bakar

30
Mobil Mogok Cek Sistem Saluran Bahan Bakar

Sistem saluran bahan bakar di kendaraan merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan bagi para pengendara mobil agar tidak mudah mogok alias ngadat. Biasanya, kasus mobil mogok mendadak diakibatkan karena bahan bakar tidak sampai ke ruang pembakaran atau bisa jadi terlalu banyak suplai bahan bakar ke injector, itu semua bisa terjadi atau ada penyebab lainnya. Tapi ada beberapa penyebab lain yang lebih sering menjadi penyebab mogoknya kendaraan :

  1. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Penyebab  berasal dari kotoran yang berupa air, karat atau lumpur, bahkan karena bahan bakar yang kualitasnya kurang baik. Gejalanya, waktu mobil di-start, pada awalnya mesin hidup, tapi begitu pedal gas diinjak, mesin langsung mati atau mesin akan tersendat-sendat pada kecepatan tinggi. Hal itu bisa karena lumpur/kotoran yang berasal dari endapan bahan bakar yang kualitasnya buruk. Jadi, gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan mesin mobil atau anjuran produsen.

  1. Pompa Bahan Bakar Tidak Berfungsi Normal

Membran pompa bahan bakar yang sobek membuat pasokan bahan bakar ke injektor tidak tercukupi. Gejala yang terjadi biasanya pada awalnya mobil bisa berjalan stabil dan lancar, namun tiba-tiba mobil seolah kehilangan daya atau tak bertenaga dan  jalannya tersendat.

3. Selang dan Injektor Tersumbat

Hal terakhir yang biasanya akan bermasalah adalah pada bagian selang atau injektor yang tersumbat akibat kotoran yang masuk karena filter sudah tidak bekerja dengan baik. Tersumbatnya injektor biasanya ditandai dengan adanya getaran mesin yang kurang seimbang atau brebet. Kotorannya ini berasal dari lumpur akibat endapan bahan bakar. Biasanya mobil dengan penggunaan bahan bakar oktan rendah.(E-002/BBS)***