TNKB Motor Listrik Perlu Dibedakan

21
TNKB Motor Listrik Perlu Dibedakan

Kementerian Perhubungan berjanji untuk memberikan insentif kepada kendaraan listrik. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mempercepat implementasi kendaraan listrik.

Khusus di Indonesia, terdapat lima warna pelat nomor yang dibedakan berdasarkan peruntukan kendaraan. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi mengusulkan adanya perbedaan warna pada kendaraan listrik tersebut.

“Kita melihat beberapa negara memberikan warna berbeda pada pelat nomor yang digunakan sepeda motor listrik dengan yang berbahan bakar fosil,” ujar Budi, dalam keterangannya.

Budi menilai adanya insentif khusus yang diberikan kepada kendaraan listrik membuat identitasnya harus dibedakan dengan mobil dan motor konvensional yang sudah ada saat ini.

“Karena semua negara mendorong kendaraan listrik dan memberikan daya tarik kepada masyarakat, untuk itu harus ada insentif non fiskal kepada penggunanya. Mungkin ada jalur khusus atau tidak membayar parkir,” ujarnya.

Agar petugas yang berjaga tidak salah melakukan identifikasi kendaraan, Budi berharap adanya perbedaan yang disematkan pada pelat nomor kendaraan listrik.

“Secara tepat petugas-petugas itu harus tahu ini kendaraan listrik atau bukan. Mangkanya ada usul, bisa¬† pelat nomor berbeda warna atau¬† dengan kode khusus,” tutur Budi.

Usulan tersebut merupakan upaya Kemenhub dalam merespons Peraturan Presiden nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik yang akan diturunkan menjadi peraturan menteri.

Peraturan Menteri sendiri saat ini masih digodok dan akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pemerintah mulai menggalakan penggunaan kendaraan listrik sebagai upaya untuk menurunkan tingkat polusi, menghemat penggunaan bahan bakar fosil dan menghemat alokasi biaya untuk konsumsi bahan bakar .

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana untuk mengadaan sekitar 100 unit mobil listrik untuk Kementerian Perhubungan, sebagai bentuk dukungan menggencarkan penggunaan kendaraan listrik yang didorong pemerintah.

(E-002)***