WNA Asal Tiongkok Jadi Tersangka Perdagangan Orang

12

Seorang Warga Negara Asing – WNA Asal Tiongkok,Diamankan Aparat Imigrasi Kota Cimahi. Tersangka Diamankan Karena Melakukan Tindak Pidana Perdagangan Orang,Dengan Modus Pengantin Pesanan Atau Menikahkan Secara Paksa.Keluarga Korban,Di ImingImingi Uang Puluhan Juta Rupiah,Untuk Bekerja Di Luar Negeri, Namun Justru Dipaksa Menikah Dengan WNA Asal Tiongkok.

Setelah Menjalani Penyelidikan Dan Penyidikan Kantor Iigrasi Kelas I Bandung,Tersangka SD ,Warga Negara Asing Asal Tiongkok,Dilimpahkan Ke Kejaksaan Negeri, Kejari, Kota Cimahi. Pria Berusia 29 Tahun Tersebut,Sebelumnya Telah Diciduk Pihak Aparat Imigrasi Dan Juga Bais TNI Pada 8 Juni 2019 Lalu, Dengan Dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Sebelumnya, Saat Digeledah Di Tempat Persembunyiannya Di Kawasan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Petugas Mendapati Sejumlah Barang Bukti Berupa Paspor,Buku Nikah Dan Dokumen Lain Yang Dipalsukan Oleh Pelaku. Setelah Mendapat Laporan Dari Keluarga Korban, Petugas Kemudian Menangkap Pelaku Termasuk Menyita Buku Tabungan.

Modus Yang Dilakukan Tersangka Yaitu MengimigImingi Keluarga Korban Untuk Bekerja Di Luar Negeri, Yakni Di Negara Tiongkok. Setelah Mendapatkan Uang Ratusan Juta Rupiah, Korban Bukannya Bekerja, Namun Justru Dipaksa Untuk Menikah Dengan Sejumlah WNA Asal Tiongkok.Korban Perempuan Dari Berbagai Daerah Seperti Cimahi, Bandung, Surabaya Hingga Pontianak, Diimingi Sebesar 35 Juta Rupiah. Saat Ini, Diperkiarakan Ada 11 Orang Yang Telah Menjadi Korban Perdagangan Orang,Dan Sebagian Diantaranya Masih Dibawah Umur.

Dari Informasi Yang Diperoleh, Ada Dua Korban Yang Berhasil Digagalkan Aparat Dalam Penyelundupan Ini. Saat Ini Pihak KBRI Masih Menangani Kasus Pengantin Pesanan Yang Belum Bisa Dipulangkan Ke Indonesia. Pelaku Disangka Melanggar Pasal Berlapis,Tentang Keimigrasian, Dengan Ancaman Hukuman 5 Tahun. Kini Pelaku Tengah Menjalani Proses Hukum Selanjutnya Di Kejari Kota Cimahi, Sebelum Dilimpahkan Ke Pengadilan.

Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv