Jabar Butuh  Percepatan Pembentukan DOB

17

BISNIS BANDUNG –  Jangkauan  luasnya wilayah dan jumlah penduduk Jawa Barat yang sangat besar, membutuhkan  percepatan pembentukan daerah otonomi baru (DOB)   segera dilakukan.  Hal tersebut tentunya  untuk  lebih mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“DOB ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan publik, agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih dekat,”  ujar Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru’yat di Bandung, Jum’at (4/10/2019).
DPRD Provinsi Jawa Barat, katanya   mendukung Pemprov Jabar untuk melakukan percepatan pembentukan daerah otonomi daerah (DOB) dengan maksud untuk mendekatkan pelayanan publik agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih dekat.

“Tadi kami melakukan audiensi dengan Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda PP DOB) dan sepakat untuk mendorong pembentukan DOB di Jabar,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendukung adanya aspirasi dari Forkoda PP DOB Jabar terkait pencabutan moratorium daerah otonomi baru karena beberapa daerah di Jawa Barat memiliki banyak potensial.

Selain itu Forkoda PP DOB Jabar mengusulakan pemekaran daerah otonomi baru ini menjadi prolegda prioritas di DPRD Provinsi Jawa Barat, ujarnya.

“Tentu hal ini akan kami sampaikan ke Komisi I DPRD Jabar untuk dilakukan suatu program dimasukan ke dalam prolegda,” lanjut dia.

Hal tersebut, lanjut dia, akan dikoordinasikan dengan Gubernur Jawa Barat melalui surat yang nanti akan disiapkan, demikan pula kepada Komisi II DPR RI yang memiliki kewenangan disana dan ke Kemendagri melalui Ditjen Otda.

Sementara itu mengenai target jumlah DOB di Jawa Barat, Ru’yat mengatakan, hal tersebut akan disesuaikan dengan kajian naskah akademik dan disesuaikan dengan kewenangan pusat.

“Kami berharap pemerintah pusat mendengar betul dari teman-teman demikian sangat gigih dengan maksud dan tujuan meningkatkan dan mendekatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (B-002)***