Dilanda Kekeringan, Warga Ciwidey Gelar Shalat Istisqo

7

Dilanda kekeringan selama enam bulan terakhir, ribuan warga Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, menggelar Sholat Istisqo dan doa bersama, meminta agar hujan segera turun, di kawasan alunalun Ciwidey. Shalat istisqo ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan dan harapan agar kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung, bisa segera padam dan teratasi.

Seperti inilah suasana pelaksanaan sholat Istisqo yang digelar ribuan warga kecamatan Ciwidey, di kawasan alunalun Ciwidey, Kabupaten Bandung. Ribuan orang yang terdiri dari perangkat Kecamatan, warga dan pelajar, dari sejumlah desa di Kecamatan Ciwidey, ikut serta shalat istisqo dan doa bersama meminta agar hujan segera turun di wilayahnya. Kawasan Ciwidey, sudah mengalami kekeringan dan mulai kesulitan air selama enam bulan terakhir.

Camat Ciwidey  Karyadi Rahardjo mengatakan, selain meminta hujan turun untuk memenuhi kebutuhan seharihari masyarakat, shalat istisqo ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan dan harapan agar kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung, termasuk objek wisata alam kawah putih, bisa segera padam dan teratasi.

Menurut kepala desa Ciwidey  Anggara Permana sidik, belasan ribu warganya yang terbagi di tiga puluh RW, sudah mengalami kesulitan air sejak berbulanbulan lamanya.bahkan menurut anggara, sumur galian tempat warga biasa mengambil air, yang berada di kawasannya, sudah mengering total.

Diharapkan setelah dilakukannya shalat istisqo, hujan bisa segera turun. Selain untuk memenuhi kebutuhan seharihari masyarakat, air hujan yang turun juga diharapkan bisa membantu untuk memadamkan peristiwa kebakaran hutan di sejumlah wilayah, seperti Gunung Malabar, Gunung Singa, Gunung Puntang, dan objek wisata alam kawah putih.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,