Dua Rumah Rusak Akibat Tanah Bergerak

7

Dua rumah milik warga,di Kampung Benda, Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, rusak, akibat bencana pergerakan tanah. Bahkan puluhan rumah lainnya,terancam .

Pergerakan tanah yang terjadi di kampung benda, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengakibatkan dua rumah milik warga rusak. Sejumlah dinding dan lantai rumah, retakretak. Retakan terus merambat hingga ke dalam lantai bagian rumah warga, hingga nyaris terbelah.kedalaman retakan tersebut, mencapai lima meter dengan panjang sepuluh meter. Selain itu, puluhan rumah yang dihuni 42 kepala keluarga yang terdiri dari 181 jiwa di daerah tersebut, terancam pergeseran tanah.

Awan, salah seorang korban mengaku, awalnya retakan yang terjadi dilantai rumahnya tersebut hanya retakan kecil, namun semakin hari retakan itu semakin besar hingga sedalam lima meter, dan membuat rumahnya tidak layak huni. Meski demikian, ia bersama istrinya terus bertahan untuk menempati rumah tersebut.

Sementara itu kasi pencegahan BPBD Kabupaten Sukabumi  Nanang menjelaskan, akibat kejadian tersebut, dua rumah milik warga rusak, dan mengancam puluhan rumah lainnya yang ada di daerah tersebut.

BPBD menghimbau kepada warga untuk tetap waspada adanya tanah bergerak, apalagi akan memasuki musim penghujan.

Budi Setiawan, Bandung Tv.