Pemadaman Api Di Kawah Putih Gunakan Helikopter Water Boombing Milik BNPB

12

Untuk bisa mempercepat memadamkan kobaran api, dilahan hutan patuha kawasan objek wisata kawah putih Ciwidey, pihak pemerintah Kabupaten Bandung meminta bantuan Badan Nasional Penanggulan Bencana, BNPB. Pada kamis pagi, heli boombing BNPB terlihat membawa air sebanyak empat ribu liter, yang akan ditumpahkan ke kawasan kebakaran diwilayah tersebut.

Sebuah heli water boombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB, terlihat dikawasan objek wisata kawah putih Ciwidey. Heli yang mengangkut air tersebut, rencananya akan memadamkan titik api lewat udara. Meski sebagian lokasi kebakaran lahan dikawasan gunung patuha sudah terlihat padam, namun pemadaman ini tetap dilakukan untuk melakukan pendinginan dan memastikan api sepenuhnya padam.

Menurut Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, rencana pemadaman menggunakan heli water boombing akan dilakukan dari pukul sembilan pagi hingga satu siang, di empat titik dikawasan hutan patuha. Selama proses pemadaman, pihak kepolisian melarang masyarakat ataupun tim SATGAS pemadam, mendekati lokasi titik kebakaran.

Kebakaran dikawasan objek wisata kawah putih Ciwidey, terjadi sejak hari jum’at lalu. Banyaknya pepohonan yang kering, menyebabkan api cepat merambat.lokasi kebakaran yang sulit diakses, dan tidak adanya sumber air, sehingga tim SATGAS pemadam kesulitan menjinakan api.diharapkan dengan pemadaman api menggunakan heli water boombing, kebakaran bisa segera dipadamkan.

Diki Guntara , Bandung Tv .,