PVMBG Kaji Pergerakan Tanah Di Sukabumi

5

Tim dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, bersama BPBD Kabupaten Sukabumi, melakukan kajian terjadinya pergerakan tanah di Kampung Benda, Cibadak, Kabupaten Sukabumi. tujuannya yakni untuk mengetahui penyebab pergerakan tanah,yang mengakibatkan dua rumah warga retak.

Petugas melakukan penelitian di beberapa titik lokasi, yang menyebabkan dua rumah warga mengalami retak, dengan menggunakan alat Geolistrik dan Ground Penetrating Radar atau GPR. Penelitian tersebut untuk memastikan penyebab, apakah retakan yang merusak rumah warga ini diakibatkan oleh tanah bergerak atau bukan. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui sifat Kelistrikan Tanah dan Gelombang Elektromagnetik, untuk mendeteksi kondisi dibawah permukaan tanah. Diharapkan pengambilan data dengan menggunakan dua metode itu bisa mengetahui penyebab pasti bencana tersebut.

Menurut tim ahli PVMBG Jabar  Yunara Dasa Triana, pergerakan tanah yang terjadi di daerah ini bersifat kecil, hal itu dipastikan dengan kerusakan yang ditimbulkan gerakan tanah ini.

Tim juga meminta kepada pemkab Sukabumi untuk menutup retakanretakan tersebut, supaya tidak terkena tekanan air yang dapat memicu perkembangan pergerakan tanah, apalagi musim hujan akan segera datang.

Budi Setiawan, Bandung Tv.