Ponsel Baru Wajib Gunakan Android 10 Tahun Depan

26

GOOGLE dikabarkan setop izin penggunaan Android 9 pada ponsel baru per 31 Januari 2020 mendatang. Setelah tanggal tersebut, seluruh perangkat Android wajib menggunakan Android 10.

Dilansir dari XDA Developers, dokumen tersebut dikeluarkan oleh Google Mobile Services (GMS) atau rangkaian aplikasi dan layanan yang harus dilisensikan oleh perusahaan sebelum dipasang ke perangkat Android.

Dalam dokumen tersebut tertulis bahwa Google akan menghentikan izin penggunaan Android 9 Pie setelah 31 Januari 2020. Berarti, perangkat-perangkat Android yang akan keluar setelah tanggal tersebut dipastikan akan menggunakan Andorid 10.

Untuk disetujui, Original Equipment Manufacter (OEM) atau produsen peralatan asli harus mengirimkan software yang dibuat khusus untuk perangkatnya ke Google. Persetujuan dapat disahkan apabila dokumen-dokumen terkait sudah lengkap. Selain itu ada pula serangkaian uji seperti Compatibility Test Suite (CTS), Vendor Test Suite (VTS), dan Google Test Suite (GTS).

Selain perihal Android 9, dalam dokumen tersebut juga tercantum OS Android yang lebih lama. Persetujuan perangkat dengan OS Android 8.1 Oreo atau edisi Go telah diperpanjang. Hal ini merupakan tindaklanjut dari penemuan regresi kinerja pada Android 9 Pie (Go Edition).

Peraturan ini terkesan memaksa para OEM untuk mengikuti rilis Android terbaru. Hal tersebut sebenarnya dirasa sangat menyulitkan. Namun kini Google dikabarkan telah meringankan persyaratan sehingga beban pabrikan untuk mengikuti perubahan pada Android menjadi lebih mudah.

Bagi Anda yang masih memiliki perangkat dengan OS Android 9, Anda akan tetap mendapatkan pembaruan software. Namun seperti yang dikabarkan bahwa pembaruan tersebut tak akan berlangsung lama. Sebab, Google berencana untuk menghentikan pembaruan Android 9 setelah Android 11. (C-003/age)***