Sasar Pedesaan daripada Ekspansi Luar Negeri

10

TOKOPEDIA lebih memilih untuk menyasar pedesaan di Indonesia ketimbang ekspansi layanan ke luar negeri. Sebab, menurut CEO Tokopedia William Tanuwidjaya potensi penduduk pedesaan Indonesia sangat besar.

“Kami pilih lokal Penduduk desa di Indonesia 100 juta penduduk lebih, bangkok 5 juta,” jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta Pusat.

Sebab menurut William biaya yang dibutuhkan untuk ekspansi keluar negeri, sama besarnya dengan biaya untuk mengedukasi pasar dalam negeri.

“Edukasi masyarakat Singapura sama effortnya dengan mengedukasi petani di desa,” jelasnya di atas panggung.

Menurutnya penduduk Surakarta lebih penting dari Singapura. Orang di Boyolali lebih penting dari Bangkok. Sehingga ia berkomitmen untuk mengembangkan pasar dalam negeri daripada ekspansi keluar negeri.

Ia juga membandingkan bagaimana petani dan peternak di Selandia Baru bisa menjadi miliuner. Maka ia berharap hal yang sama bisa terjadi di Indonesia. Sehingga ia berharap anak petani bisa kembali bertani.

Untuk mengembangkan ekonomi digital di pedesaan, William menyebut Tokopedia tengah mengembangkan Tokopedia Center. Ia menyebut ini adalah pusat pengembangan masyarakat agar bisa lebih melek digital. Penduduk desa akan diajari mulai dari membuat email, cara memotret produk, dan berjualan online.

“Harga barang di desa bisa lebih mahal dr kita di kota karena jalur distribusi yang tidak efektif,” tuturnya.

Menurutnya perusahaan e-commerce ini sudah menggelontorkan program ini di 5.000 desa di Jawa Barat. Harapannya e-commerce bisa membuat jalur distribusi lebih efektif.(C-003/age)***