Berwisata Ke Tanah Lot Amanda Menciptakan suasana Berbeda

15

Pemandangan pantai Ujung Genteng, memang sangat bagus dan masih alami. Topografi pantai di tempat ini berbeda dengan pantai yang pernah kami kunjungi. Deburan ombak lautan samudera lepas, terhalang oleh kekayaan alam berupa karang yang berjarak kurang lebih 300 meter  dari bibir pantai, karenya  sepanjang pesisir terisi air laut, setinggi dada orang dewasa. Lokasi ini sangat cocok untuk berenang, karena airnya jernih dan tidak ada ombaknya. Di lokasi yang sama ada sebuah peninggalan bersejarah , yakni sebuah dermaga  yang di bangun pada masa kolonial Belanda. Bangunan ini tersisa hanya beberapa puing saja, karena rusak di makan usia. Dermaga ini biasa  digunakan para pengunjung melihat matahari terbit,serta tentu saja kerap di abadikan oleh para pecinta fotografi.

Selanjutnya kami menuju tanah lot Amanda,konon lokasi ini memiliki kemiripan dengan tanah lot di Pulau Bali. Lokasi ini lagi-lagi merupakan favorit para fotograper untuk mengabadikan keindahannya. Benar saja saat  kami menginjakan kaki di lokasi, pemandangannya sangat indah, pulau kecil di tengah muara sungai, diapit oleh aliran sungai dan deburan ombak samudera, menciptakan suasana yang benar – benar beda.

Dari tempat ini kami melanjutkan perjalanan ke pantai Batu Nunggul, sudah sejak lama pantai ini menjadi lokasi favorit para wisatawan mancanegara melakukan surfing, tipe ombak nya sangat menantang untuk di cumbui dengan papan selancar,hampir sepanjang tahun pantai Batu Nunggul di kunjungi para surfer dari mancanegara. Beberapa surfer yang kami temui menyebutkan,karakteristik ombak di pantai Batu Nunggul selalu bagus sepanjang tahun,berbeda dengan ombak  di lokasi lain yang sangat tergantung pada musim. Oleh sebab itu mereka betah sekali melakukan surfing di Batu Nunggul.

Berbatasan langsung dengan pantai Batu Nunggul,terdapat sebuah daerah konservasi penyu,yaitu pantai Pangumbahan yang menjadi habitat alami  penyu hijau,hewan langka yangi terancam punah karena habitatnya banyak di rusak manusia.Selain itu pengambilan telurnya untuk di gunakan sebagai obat penambah stamina menambah daftar kerusakan yang di buat manusia terhadap kelangsungan hidup penyu hijau.Atas berbagai masalah ini, pemerintah dalam hal ini BKSDA membuat aturan ketat mengenai kelestarian penyu hijau di pantai Pangumbahan sebagai tempat penyu berkembang biak.Di sini penyu – penyu bertelur di jaga oleh para petugas,dari serangan predator alami maupun  manusia. di lokasi ini telur penyu di tetaskan.

Selanjutnya tukik yaitu anak penyu yang cukup umurnya di lepaskan ke alam bebas.Dalam beberapa tahun terakhir aktivitas penyu bertelur serta melepaskan tukik ke lautan lepas menjadi primadona wisata Ujung Genteng.Para pengunjung dari berbagai daerah rela terjaga semalaman demi menyaksikan sang penyu bertelur. Disamping wisata alam  yang menjanjikan,pesona lain dari Ujung Genteng adalah kulinernya , yakni hidangan laut dengan harga terjangkau. (E-001) ***