Bukit Teletubies Ujung Genteng Digunakan Untuk Gembala Ternak

52

Secara geografis, wilayah provinsi Jawa Barat kaya akan potensi alam. Bentang alam yang membujur dari barat hingga timur , terdiri dari pantai, dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Karakteristik yang demikian, membuat masyarakat Jawa Barat cukup majemuk. Salah satunya wilayah Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu kabupaten dengan potensi alam cukup banyak. Keanekaragaman pesona untuk wisata alam di daerah Sukabumi selatan melimpah , membuat para pelancong tidak bosan untuk menikmati dan mengunjunginya.Bila merunut kemasa lalu,ada sebuah tayangan di televisi mengenai sebuah program untuk anak-anak. Pada tayangan tersebut tersaji sebuah pemandangan perbukitan hijau.Tayangan tersebut begitu populer ,tidak pelak isi tayangan berupa perbukitan hijau pun jadi banyak dikenal. Saat ini bila kita menemukan pemandangan perbukitan hijau kerap disandingkan dengan bukit hijau pada tayangan tersebut yang populer dengan sebutan bukit teletubies.. Di Indonesia aAda beberapa lokasi dengan pemandangan mirip bukit teletubies ,salah satunya terdapat di kawasan Bromo Jawa Timur.

Namun di wilayah Sukabumi selatan pun ada perbukitan hijau yang mirip dengan bukit teletubies di Bromo. Pemandangan bukit ini bisa kita temukan di wilayah Kecamatan Ciracap  tidak jauh pantai Ujung Genteng. Perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau dan padang ilalang ini  biasa disebut warga setempat dan para pengunjung sebagai bukit teletubbies. Bukit tersebut berada di Kampung Citarate, Desa Ujunggenteng. Letaknya hanya beberapa kilometer dari titik utama wisata pantai Ujunggenteng. Pemandangan unik yang dimiliki bukit teletubbies membuatnya cocok untuk spot berfoto. Di beberapa titik sekitar bukit teletubbies, terdapat cekungan tanah menyerupai danau. Hal ini menambah kecantikan dan daya tarik bukit teletubies. Masyarakat kerap memanfaatkan kawasan bukit teletubies sebagai lahan untuk menggembala ternak.

Sampai saat ini bukit teletubies tersebut belum dikelola sebagai obyek wisata, pemanfaatanya baru sebatas untuk menggembala ternak.Sedangkan banyaknya pelancong yang datang untuk berfoto  karena penasaran.Rasa penasaran ini akibat cukup banyaknya gambar tentang bukit tersebut di sosial media.Bukan rahasia lagi pada saat ini sosial media memiliki pengaruh dalam hampir semua segi kehidupan.Apalagi bagi generasi kekinian segala info yang mereka dapatkan sebagian besar bersumber dari sosial media.Terlepas dari hal itu,populernya bukit teletubies Ujung Genteng menambah daftar destinasi obyek wisata di kawasan yang masuk ke dalam wilayah Geopark Ciletuh .

Untuk mencapai kawasan Ujung Genteng memerlukan perjuangan cukup melelahkan.Kawasan ini hanya bisa diakses dengan jalan darat,jika berngkat dari  Kota Bandung  memerlukan waktu tempuh sekitar tujuh jam . Kondisi kendaraan harus prima karena kontur jalan tidak begitu bagus,selain  kemampuan mengemudi harus mumpuni, karena jalur jalan banyak tanjakan,turunan maupun tikungan yang memerlukan kehati-hatian. (E-001) ***