Danau Bacan Bekas Galian Tambang Zeolit

270

Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam.Potensi sumber daya alam ini dimanfaatkan oleh masyarakatnya untuk mendukung perekonomiannya. Selain dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Sukabumi menyimpan banyak destinasi wisata favorit para pelancong mulai kawasan pantai selatan hingga destinasi wisata alam berupa pegunungan, air terjun, hingga kawasan wisata minat khusus berupa kampung adat.Perjalanan Mandalawangi kali ini mengunjungi  keunikan sebuah danau. Namanya   danau Batu Bacan,begitulah masyarakat menamakannya, jadi jangana berpikir disini banyak terdapat batu akik jenis bacan hal itu tidak akan ditemukan. Danau Batu Bacan  juga dikenal dengan nama Danau Hijau yang terkenal berkat media sosial,i memang bukan tempat wisata melainkan lahan tambang zeolit.Danau ini terletak di daerah  di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar Sukabumi. Tidak hanya warna airnya yang unik, namun danau ini tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebatuan di sekeliling danau. Air yang berada di danau ini  berasal dari air hujan yang tertampung selama bertahun-tahun.

Warna hijau di danau ini timbul berasal bebatuan berwarna hijau karena pantulan sinar matahari. Danau ini  bukan danau alami melainkan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi dengan air hujan . Cekungan atau ceruk di bawah Danau Bacan ini terdapat batuan berwarna hijau. Dengan pancaran sinar matahari,  air yang berada di dalamnya seolah  berwarna hijau, padahal sebenarnya hanya dasar  danau  yang berwarna hijau.

Keberadaan danau ini mulai populer setelah gambar Danau Bacan banyak di bagikan di sosial media.Dengan tersebarnya gambar – gambar Danau Bacan,  mulai berdatangan  pelancong dari luar daerah . Setelah ramai dikunjungi pelancong,  masyarakat setempat  menata fasilitas pendukung wisata mulai lapangan parkir,tempat menjual makanan dan minuman serta  toilet. Jalur jalan menuju obyek  ini kurang bagus.

Aktivitas favorit para pelancong ditempat ini ialah melakukan swafoto dengan latar hijaunya air danau. Untuk berenang di tempat ini tidak diperkenankan karena berbahaya. Hanya pemandangan cantik mempesona merupakan daya tarik utama para pelancong berkunjung ke sini. (E-001) ***