DESTINASI MLDSPOT STAGE BUS JAZZ TOUR Disambut Antusias Warga Kota Garut

14

Seiring berjalannya waktu tekhnologi dan gaya hidup, musik jazz terus berkembang dan menyebar di seluruh dunia. Khususnya di Indonesia, perkembangannya bisa dibilang pesat, karena sebagian para musisi dapat berimprovisasi sekaligus berkesperimen dengan hal baru. Selain itu, juga terjadi pergeseran selera musik di kalangan anak muda tanah air. Jika sebelumnya mereka lebih menyukai musik bergenre hip-hop, rock dan musik dance kini jazz juga menjadi satu alternatif baru. Musisi jazz baru di tanah air ini mencoba meramu musik dengan beragam aliran jazz, seperti fussion jazz yang banyak dimainkan dan gelarannya kini bisa ditampilkan di luar ruangan (outdoor). Hal tersebut bisa dilihat pada gelaran tahunan , seperti Stage Bus Jazz Tour  (SBJT) yang selalu disupport penuh oleh MLD Spot. Tentu dengan acara-acara seperti ini meskipun dalam ruang lingkup yang nggak begitu besar, tapi  membuat musik jazz selalu hidup dalam masyarakat, misalnya keseruan yang ditampilkan pada 6 September 2019 lalu, di kawasan Swiss Van Java Cimanuk Kota Garut.

Sementara itu, Andri Yulandri selaku perwakilan MLDSPOT menyebutkan , bahwa SBJT di Kabupaten Garut merupakan yang kedua kalinya digelar. Garut adalah titik ke-3 yang dikunjungi SBJT 2019 khususnya di  wilayah Priangan. Alhamdulillah untuk antusias sangat bagus dan luar biasa sangat banyak sekali yang menunggu penampilan ke tiga talent besar kita sejak siang,” jelasnya.

Sebelum ke Kebupaten Garut, MLDSPOT SBJT 2019 telah mengunjungi beberapa titik seperti Kota Cirebon dan Tasikmalaya. Membludaknya pengunjung pun selalu terjadi disetiap penyelenggaraannya.

“Selain menampilkan tiga band bintang tamu, juga ada tiga band pembuka berasal dari Garut yang juga merupakan binaan MLDSpot. Sekarang banyak pemain band biasa yang mencoba dan perform pop jazz,” katanya.

Alhasil keramaian penonton mulai terlihat dari sore hingga malam hari, talent-talent pun mulai menghibur para penonton yang hadir, antara laini talent local RONASWARA, El Band dan malamnya dilanjut oleh talent-talent utama yaitu MLDJAZZPROJECT SESSION 4, PAMUNGKAS dan puncaknya ditutup oleh grup PAYUNG TEDUH. Tak hanya aksi panggung yang mengakrabkan penonton  dengan musisi jazz favorit, mereka juga dimanjakan dengan berbagai kegiatan baik Meet ‘n Great dengan talent, hadirnya booth-booth kuliner dan games menarik di area event/ dengan menggunakan stamp card seperti MLDSPOT TASTE THE MUSIC , pengunjung dapat memilih 3 lagu yang bisa menghasilkan rasa yang mengejutkan yaitu mixed jus buah ataupun kopi , hingga MLDSPOT CATCH THE STICKS yang akan menguji ketangkasan pengunjung dalam memainkannya. Dari kedua game tersebut bisa memperebutkan doorprize smartphone bagi setiap penonton yang beruntung .

Sementara itu MLDJAZZPROJECT SESSION 4 selaku Talent MLDSPOT SBJT 2019 yang beranggotakan  6 personel di antaranya Puspallia Panggabean (Vocal), Hafiz Aga (Bass), Yousa Sondakh (Gitar), Noah Revevalin (Keyboard), dan Timoti (Drum). Disela-sela eventnya menyebutkan bahwa, penampilan mereka di Garut adalah kota kesekian pada event MLDSpot Stage Bus Jazz Tour 2019. Sebelumnya, mereka tampil di Purwokerto, Malang, Cibinong dan lainnya. “Kami berharap, event seperti ini bisa terus berjalan,” tutur Puspallia.

Puspallia pun menambahkan, walaupun tampil untuk pertama kali, namun dia puas dengan sambutan penonton. “Walaupun kami baru pertama ke Garut, tapi sambutan penonton ke kami cukup bagus. Kami sangat kaget, ternyata mereka cukup familiar dengan lagu-lagu kami,” ujar dia.
Pada kesesempatan tersebut, kami membawakan lagu dari album  serta beberapa cover lagu Indonesia legendaris yang di aransemen ulang oleh Ronald Steven atau aransemen dari Yousa. “Seperti lagu Fariz RM berjudul Sakura atau lagu cover Laluna berjudul Selepas Kau Pergi” ujar Puspalia.

Yosa Jessica & Azka Aulia , di antara warga Garut, berkomentar , bahwa  event serupa ini sangat worth it, karena kita tahu Garut adalah kota kecil dan orang-orangnya pun bisa merasakan event tour music seperti ini dan kedepan moga-moga terus ada lagi. (E-009) ***