Hindari Pemakaian Sandal Saat Bersepeda Motor

66

Beberapa pemilik motor , merasa mengendarai roda dua  lebih menyenangkan bila menggunakan sandal dibandingkan sepatu. Alasannya karena faktor kepraktisan.

Apalagi saat musim hujan, banyak pemotor yang rela melepas sepatunya karena tidak mau basah. Sepertinya lebih rela kakinya terluka ketimbang sepatunya basah.

Padahal mereka yang memakai sandal tahu,  jika mengendari sepeda motor dianjurkan menggunakan alas kaki berupa sepatu.

Sebetulnya apa alasan sepatu dianjurkan dipakai saat berkendara motor ?

Mengendarai motor menggunakan sandal memang lebih praktis dibandingkan sepatu. Tetapi, risiko bahaya yang lebih besar mengintai .

Risiko Kecilnya

Salah satu yang sering dialami para pengendara motor adalah kaki menyentuh blok mesin yang panas.

Kejadian ini terutama banyak dialami para pengendara motor sport. Alhasil kulit mereka akan meninggalkan luka bakar.

Risiko berikutnya adalah kaki akan mudah tergores jika tiba-tiba di jalan ada ranting atau kena pentalan batu. Tanpa pelindung yang memadai, bagian kaki kita  akan mudah terkena berbagai macam benda berbahaya di jalanan.

Sangat berbahaya, jika saat berkendara terjadi senggolan dengan pengendara lain. Parahnya lagi kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah akibat bersenggolan dengan objek lain seperti motor yang ada di sebelah kanan atau kiri kita.

Bagian kaki  tetap tidak terlindungi ketika pengendaranya terpisah dengan motor, misalnya saat terjatuh.

Sangat disarankan para bikers menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki supaya lebih aman. Gunakanlah  sepatu yang nyaman di kaki anda. (E-002/BBS)***