EVENT BNI ITB ULTRA MARATHON KEMBALI DIGELAR DI 2019

12

Terlepas dari sejarah nama maraton yang ternyata nama kota di Yunani yang menjadi lokasi peperangan antar bangsa Persia dan Yunani berabad-abad silam, maraton kini merupakan ajang olahraga yang identik dengan tubuh sehat yang diadakan dengan dukungan tambahan hiburan yang membuat acara ini menjadi menyenangkan tak hanya untuk para peserta lari, tapi juga untuk pendukung dan penonton yang terlibat di dalamnya.

Tak tanggung-tanggung, bahkan agar ajang lomba lari semakin menarik minat masyarakat, tak jarang acara ini juga dikemas dengan sentuhan wisata daerah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang lari, seperti halnya ajang BNI ITB Ultra Marathon adalah lomba lari yang digagas oleh Institut Tehnologi Bandung, dalam rangka merayakan HUT ke- 100 ITB dan kegiatan ini sendiri sudah berlangsung dari tahun 2017. Maka dari itu, pada tahun 2019 kegiatan BNI ITB Ultra Marathon kembali sukses digelar dengan diikuti 6 ribu pelari yang melakukan start pada Jumat 11 Oktober 2019 di Kantor Pusat BNI Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta pukul 22.00 WIB, via puncak lalu cimahi hingga Finish 12-13 Oktober 2019 di Kampus ITB dengan melewati 18 etape, Cut off time 32 jam berlari berempat, 34 jam lari berdua,dan individu dengan batas waktu 36 jam.

Sementara itu juga, ajang ini di pecah menjadi 2 sesi yaitu marathon 200K yang diikuti 3.500 lari yang terbagi lima kategori, tiga di antaranya berhadiah. Untuk individu target 75 pelari dengan 30 perempuan dan 45 pria, adapun hadiahadiahnya buat yang pertama sebesar Rp30 juta, hadiah kedua Rp20 juta, dan hadiah ketiga Rp15 juta. Lalu ada dua kategori lagi diperuntukan bagi alumni ITB yakni ada dalam Relay 9 dan Relay 18 yang dimanfaatkan sebagai reunion on the road. Pada Minggu, 13 Oktober 2019 ada Fun Run 5 kilometer dari Cikapundung masuk ITB dengan 2.500 pelari.

Hadir pada acara tersebut Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, Ketua Yayasan Solidarity Forever Susilo Siswoutomo, Ketua Ikatan Alumni ITB Ridwan Djamaluddin, Ketua Panitia BNI ITB Ultra Marathon Gatot Sudariyono dan stake holder lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN RI Rini M Soemarno turut berpartisipasi dan berlari bersama para peserta kategori Fun Run BNI ITB Ultra Marathon 2019 sejauh 5K dengan rute start di Plaza Cikapundung River Spot, menuju Jalan Asia Afrika-Jalan Banceuy-Jalan Viaduct-Jalan Dago hingga finish di Gerbang Utama ITB di Jalan Ganesha, Bandung.

Dalam event BNI ITB Ultra Marathon kali ini, selain menjadikan ajang silaturahmi diantara civitas alumni ITB dengan berbagai komunitas lari perguruan tinggi lainnya, perusahaan dan Industri, serta komunitas lari umum lain. peserta Marathon juga didorong untuk berpartisipasi memberikan bantuan untuk Dana Abadi ITB yg besarnya mininal Rp300.000,-. dan BNI juga berpartisipasi memberikan bantuan bagi Dana Abadi ITB senilai Rp 250 juta yang diharapkan terus bisa mendukung pengembangan pendidikkan di lingkungan Kampus ITB.

Acara pun berakhir di ITB dengan diadakan acara musik dan baazar yang dipadati oleh para pelari Fun Run ITB PLN 5K dan pelari BNI ITB Ultra Marathon 20, serta tamu undangan lainnya. Juga turut dimeriahkan oleh band-band alumni ITB dan Band Bitel All Star yang menambah kemeriahan BNI ITB Ultra Marathon. (E-004)***