IAIF ITB BERHASIL KUMPULKAN DONASI 2 MILYAR BUAT BEASISWA DI AJANG BNI ITB ULTRA MARATHON 2019

49

AJANG lari tak sekadar bagi mereka yang ingin ikut ambil bagian dalam sebuah perlombaan hingga menyalurkan kecintaan pada lari. Lebih dari itu, ajang ini juga dapat menjadi pemersatu mereka yang telah lama tak bertemu dan bisa jadi ajang menggalang dana untuk saling membantu. Salah satu event lari tersebut adalah BNI ITB Ultra Marathon 2019 yang dilaksanakan tanggal 11 sampai 13 oktober 2019, yang rute dimulai dari BNI Jakarta dan finish kampus ITB Bandung.

Semangat yang sama dirasakan pula oleh alumni ITB dari Ikatan Alumni Informatika atau IAIF yang sejak 2018 mengikuti ajang tersebut dengan Coderunners sebagai nama tim. Momen BNI ITB Ultra Marathon bukan untuk mengejar podium, tapi sebagai ajang reuni, silaturahmi dan untuk menggalang donasi biasiswa mahasiswa, dan tahun ini IAIF ITB dengan code runnersnya berhasil menggalang dana 2 milayar rupiah.

Dodong cahyono selaku ketua panitia Coderunners IAIF ITB menyampaikan IAIF dalam event ini mengirimkan 54 pelari yang berlari jakarta bandung berjarak 200 kilometer dengan terbagi menjadi 4 team, 2 team mengikuti relay 9 200k, dan team ikut relay 18 200k. Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi dan membuat tubuh sehat juga, IAIF menggalang dana untuk beasiswa alif yakni beasiswa alumni informatika, sehingga mahasiswa yang kurang mampu dapat terbantu kuliahnya, hal tersebut setidaknya dapat membantu untuk peningkatan pendidikan di indonesia.

Semetara Ayu Purwarianti selaku pengurus beasiswa Alif juga menyampaikan kegiatan yang dilakukan oleh ikatan alumni informatika ITB dengan team Coderunnersnya di event BNI ITB Ultra Marathon merupakan salah satu peran dari alumi informatika dalam memajukan pendidikan indonesia dengan di event ini mereka menggalang dana buat beasiswa para mahasiswa yang kurang mampu, dan berharapa para alumni tetap terus solid dan event ini tahun depan dapat diadakan lagi.

Perlu dikethaui pada tahun ke-3 dalam menyambut ulang tahun yang ke-100 tahun ITB, ajang BNI ITB Ultra Marathon 2019 dibagi atas berbagai kategori lomba, yaitu individu 200k, relay 2 200k, relay 4 200k, relay 9 200k, dan relay 18 200k, serta fun run sejauh 5k. Total peserta tahun ini mencapai lebih dari 6.000 orang. Ada dua kategori lagi diperuntukan bagi alumni ITB yakni ada dalam relay 9 dan relay 18 yang dimanfaatkan sebagai reunion on the road. Sementara, pada minggu, 13 oktober 2019 ada fun run 5 kilometer dari Cikapundung masuk ITB dengan 2.500 pelari. Di akhir kegiatan acara di lakukan pembagian hadiah,pemberian beasiswa, yang di saksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno. (E-004)***