Kota Bandung Jadi Kota Termacet Di Indonesia

8

Kota Bandung menempati posisi pertama di Indonesia sebagai kota paling macet, mengalahkan ibu Kota Jakarta. Hal tersebut, terungkap berdasarkan hasil rilis asian development bank 2019. Dari 24 kota yang dijadikan sampel, kemacetan di Kota Bandung lebih tinggi dari Kota Jakarta. Salah satunya kemacetan terjadi di ruas Jalan Jakarta – Supratman.

Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank, baru saja merilis update of the asian development outlook edisi september 2019. Dari 45 Negara anggota ADB, diambil sampel 24 kota terbesar dengan populasi di atas lima juta penduduk,  kota besar di Negara berpenghasilan menengah seperti Indonesia, permasalahan kemacetan, cenderung lebih parah.

Seperti yang terlihat pada pantauan rabu siang  di kawasan jalan jakarta,kepadatan masih terjadi. sejumlah pengguna kendaraan bermotor tampak harus menjalankan kendaraannya, dalam kecepatan yang rendah, karena padatnya arus lalu lintas.

Kondisi tersebut dikeluhkan warga, khususnya pengguna kendaraan bermotor seperti dikatakan oleh pengguna jalan, yang berharap agar pembangunan jalan layang, segera di selesaikan, agar kondisi arus lalu lintas kembali normal.

Sementara itu Wakil Walikota Bandung mengungkapkan, pemerintah kota terus mendorong dan menyelesaikan permasalahan kemacetan kota, melalui berbagai program seperti rekayasa lalu lintas. pihaknya pun akan berupaya membenahi transportasi publik, salah satunya berbasis kereta tanpa rel, dan mengaktifkan kembali bus-bus.

Seperti diketahui keberaadaan Fly Over yang sedang dibangun tersebut, diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah ruas jalan utama diKota Bandung. Tidak hanya fly over, pihaknya pun terus mendorong dibukanya gerbang tol 149 Gedeage, yang dirasa kurang sekitar dua kilometer menuju titik persimpangan jalan rumah sakit dan sukarno hatta.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.