Hutan Gunung Kareumbi Terbakar, Kepala Desa Buat Sayembara

44

Seluas enam puluh lima hektar lahan hutan, di Gunung Kareumbi, kawasan Cimanggung Sumedang, terbakar selasa sore. Kebakaran kali ini diduga, ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan sengaja membakar lahan tersebut. Saking kesalnya dengan kejadian tersebut, kepala desa setempat membuat sayembara bagi yang dapat menangkap pelaku pembakaran.
Seperti inilah kondisi kebakaran hutan di Gunung Kareumbi, kawasan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, terlihat api membakar lahan, dan merembet membakar bagian akar pepohonan pinus, di kawasan hutan tersebut. Tim gabungan dari BPBD, TNI Polri dan unsur FORKOPIMDA Sumedang berusaha memadamkan api. Tercatat sudah tiga hari lamanya, lahan di hutan Gunung Kareumbi mengalami kebakaran. Meski sebelumnya sempat padam, api pun kembali menyala. Namun diduga api kembali menyala, karena dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, ditambah hujan yang tak kunjung turun, selama 6 bulan terakhir., Saking kesalnya karena lahannya terbakar hingga dua kali kejadian, pihak pemerintah Desa Cimanggung, sempat mengadakan sayembara, penangkapan oknum atau dalang dari kebakaran lahan hutan gunung kareumbi, akan mendapatkan hadiah atau imbalan berupa uang tunai. Hal tersebut dilakukan pemerintah desa, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan.

Selama kurang lebih 5 jam, api pun berhasil dipadamkan setelah titik api ditutup, dengan tanah dan dilakukan dengan peralatan seadanya.

Diki Guntara, Bandung Tv.