PKJB 2019 Perluas Jaringan Pasar Tembus Ekspor

16

BISNIS BANDUNG –  Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB)  bakal digelar mulai Jumat 25 Oktober hingga Minggu 27 Oktober 2019 di ruang terbuka (outdoor)  kawasan Gedung Sate yang meliputi Jalan Diponegoro, Cilamaya,  Majapahit dan Sentot Alibasa

PKJB 2019 tahun ini digagas Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar sebagai ajang promosi  bagi pelaku  usaha  kecil, yakni  para perajin  dengan berbagai produk  yang bernuansa kreatif dan inovatif.

Even ini  diharapkan mampu mendorong para pelaku usaha kerajinan di Jabar yang notabene tergolong pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya hingga dapat diterima di pasar mancanegara.

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil mengatakan, PKJB   membuka  para pelaku usaha kerajinan untuk memperluas jaringan (networking) dalam pengembangan usahanya, sehingga  mampu menembus berbagai peluang pasar, termasuk pasar ekspor.

“Kita ingin para pelaku usaha kerajinan di Jabar memiliki networking yang lebih baik,” ujar Atalia dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019).

Atalia  mengutarakan pihaknya   terus berupaya membuka akses pemasaran produk kerajinan asli Jabar melalui platform digital agar  produk-produk kerajinan   bisa dijual secara online. Dekranasda  membukakan jalan  perluasan pasar  agar  para pelaku usaha kerajinan   bisa mengembangkan usahanya secara mandiri.

Dalam PKJB, tercatat 50 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bakal menjadi peserta kompetisi fashion show batik. Mereka akan mempresentasikan motif batik dari berbagai daerah di Jabar yang jumlahnya memang cukup banyak.

“Ini penting bahwa agar kita tahu kabupaten/kota punya motif batik masing-masing. Ini kebanggaan,” kata Atalia.

Sementara itu, Kabid Industri Agro, Kimia, Tekstil, dan Aneka (AKTA) Disperindag Jabar Arif Muchamad Fazar mengatakan, PKJB 2019 bakal diikuti ratusan pelaku UMKM. PKJB 2019 ini pun menjadi ajang pembuktian keberhasilan mereka. (B-002)***