Taman Ade Irma Suryani Bogor Berubah Fungsi Jadi RTH

304

Pemerintah Kota Bogor bakal melakukan penataan kawasan di Taman Topi dan Taman Ade Irma Suryani pada tahun 2020 mendatang. Kawasan tersebut akan diubah fungsinya menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Alun-alun Kota Bogor.Hal ini seiring dengan program Gubernur Jawa Barat agar di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat harus memiliki Alun-alun. Taman Ade Irma Suryani  berdiri pada  tahun 1975-an, semula dikenal dengan nama Taman Ria. Sewaktu Gubernur Jawa Barat masa Yogi S Memet , Taman Ria Ade Irma Suryani diresmikan sebagai area publik.

Pada tahun 1970 , konsep Taman Ria yang mencerminkan ciri khas taman hiburan . Belum ada berbagai wahana pemacu adrenalin seperti taman ria modern di masa kini. Permainan sederhana, seperti kereta anak-anak, komedi putar kecil, bom bom car dan wahana populer di era 90-an mengisi lahan yang tidak seberapa luas.

Permainan paling menakutkan di Taman Ade Irma Suryani bagi seorang anak adalah kereta kayuh. Kereta kayuh ini berada di atas rel berketinggian 6-7 meter dan bergerak bila digowes layaknya sebuah sepeda. Pengunjung anak-anak harus ditemani orang dewasa ketika menggunakan wahana ini. Selain berbagai permainan, di area taman ria ini juga terdapat sebuah panggung yang dipergunakan untuk berbagai pertunjukan hiburan . Tidak jarang  dipergunakan juga untuk berbagai lomba dan pentas seni.Taman kecil berisi permainan masa kecil, ayunan, kantin dan  warung makanan .

Harga tiket masuk ke Taman Ade Irma Suryani  Rp 9.000/orang , termasuk anak berusia di atas 3 tahun membayar tiket penuh.Untuk setiap permainan yang akan dinikmati, pengunjung harus membeli koin seharga  Rp. 5.000 hingga Rp 10.000.  Permainan dengan harga koin termahal adalah Go Kart dan Flying Fox, Rp10.000. Meski tinggal menghitung bulan sebelum beralih fungsi namun keberadaan taman ini masih dirindukan olah masyarakat Kota Bogor.Cukup banyak anggota masyarakat Kota Bogor yang masa kanak kanaknya dihabiskan di taman hiburan dengan konsep taman ria tersebut.

Aksebilitas menuju lokasi cukup mudah,berlokasi dipusat kota , hingga bisa di akses dari berbagai jurusan,terlebih hampir semua moda transportasi umum melewati kawasan ini.Bagi anda yang melancong ke Kota Bogor ada baiknya mengunjungi kawasan ini sebelum beralih fungsi.Ada nuansa berbeda bila kita mengunjungi tempat ini,kita akan dibawa ke masa masa tahun 1970-an hingga 1990-an,  saat ini konsep taman ria merupakan favorit masyarakat dalam menghabiskan waktunya  di akhir pekan atau sekedar melewatkan sore menjelang malam. (E-001) ***