Kebakaran Gunung Tampomas, Tanggap Darurat Bencana

2

Akibat kebakaran hebat yang melanda hutan gunung tampomas selama tiga hari , terhitung sejak senin siang hingga rabu sore, dandim nol enam sepuluh Sumedang–Letnan Kolonel Arhanud Noviyanto Firmansyah, berlakukan tanggap darurat bencana, selama kurun waktu yang diperlukan.

Bertempat di batalyon infantri rider 301 kian santang, Kecamatan Cimalaka Sumedang, petugas gabungan dari tni polri, perhutani, serta para relawan menggelar apel pasukan tanggap darurat bencana. tanggap darurat bencana, dilakukan karena adanya musibah kebakaran lahan hutan gunung tampomas .

Dandim 0610 Sumedang menurunkan 130 pasukannya untuk membantu menangani pemadaman api, yang sudah meluas hingga mencapai 47 hektar. Sementara itu, Bupati Sumedang yang hadir pada gelaran apel darurat bencana, sudah berkordinasi dengan pemerintah pusat dan meminta kepada pihak BNPB, untuk membantu mematikan api , dengan meminta kepada pemerintah pusat agar dapat menurunkan water bombing untuk mematikan api. Water booming tersebut, diminta bupati melalui pertimbangan, apabila jangkauan titik api tidak bisa didekati oleh petugas gabungan di lapangan.

Seperti diketahui pada sebelumnya, kebakaran hutan Gunung Tampomas, awalnya hanya terbakar di beberapa titik, namun sampai saat ini kebakaran hutan tampomas meluas, hingga sekitar 47 hektare, dan dikhawatirkan, akan lebih luas dikarenakan masih adanya titik api baru yang bermunculan.

Diki Guntara , Bandung Tv .,