Kebakaran Lahan Gunung Tampomas Semakin Meluas

4

Kebakaran hutan di kaki Gunung Tampomas semakin meluas, pada rabu dini hari. Tercatat selama dua hari kemarin, hutan yang terbakar sekitar empat puluh hektar, sekarang semakin meluas dan diperkirakan mencapai enam puluh hektar lebih, dari enam titik lokasi api yang berbeda.

Tiupan angin kencang dan semak belukar yang mengering di hutan pinus kaki gunung tampomas, mempercepat merambatnya api yang membakar lokasi tersebut. Terhitung dari hari senin hingga selasa kemarin, hutan pinus Gunung Tampomas terbakar mencapai 40 hektar, sampai rabu dini hari, hutan pinus di kaki gunung tampomas yang terbakar menjadi 60 hektar lebih. Lokasi kebakaran tersebut, berada di wilayah desa Citimun, wilayah pasangrahan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Warga di dekat lokasi kebakaran yang bahu membahu membantu petugas pemadan gabungan, membuat sekat-sekat bara api dengan alat seadanya. dan terbukti, usaha warga tersebut berhasil dan bisa mengurangi merambatnya api kelokasi lain. Namun api masih saja berkobar, dan membakar pohon serta semak belukar di lokasi berbeda, dan jauh dari jangkauan warga.

Warga berusaha mencegah kobaran api merambat ke lokasi lainnya, dengan membuat sekat bakar dengan alat seadanya. Mereka bahu membahu agar api tidak merambat kelokasi lain, karena jarak di blok pasangrahan tersebut, ke pemukiman warga sekitar 2 setengah kilo dari lokasi kebakaran.

Diki Guntara, Bandung Tv.