Puslabfor Mabes Polri Selidiki Kebakaran Pipa Pertamina

10

Petugas dari Pusat Laboratorium Forensik, Puslabfor, Mabes Polri, melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran pipa minyak Pertamina, jalan Mancong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, rabu sore. Dalam penyelidikannya, petugas Puslabfor mengumpulkan data awal berupa pengambilan sample cairan di titik bekas kebakaran, Foto foto dan sejumlah informasi penting lainnya dari petugas terkait,di lokasi kejadian.

Sejumlah petugas dari Pertamina, sejak rabu pagi hingga sore, terus melakukan sterilisasi tumpahan minyak, di lokasi kebakaran akibat kebocoran pipa minyak pertamina di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil pantauan, tumpahan minyak masih terlihat menggenangi serta bercampur dengan air pesawahan milik warga,di lokasi kejadian.

Empat petugas dari pusat Laboratorium Forensik Puslabfor Mabes Polri,didampingi petugas Polsek Cimahi Selatan beserta petugas dari komite nasional keselamatan konstruksi kementerian PUPR ,dan Petugas dari Pertamina yang tiba dilokasi sekitar pukul tiga sore,langsung melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran,

Dalam penyelidikan tersebut, petugas Puslabfor tampak mengambil contoh cairan,mengumpulkan sejumlah data lainnya berikut foto-foto terkini,di lokasi kejadian.

Ketua tim Puslabfor Mabes Polri – Kompol Karya Wijayadi tidak memberikan keterangan banyak,namun menurutnya penyelidikan saat ini merupakan penyelidikan tahap awal,dimana hanya mengumpulkan sejumlah data teknis terlebih dulu.

Seperti diberitakan sebelumnya,kebakaran hebat akibat bocornya pipa minyak pertamina yang terjadi pada selasa siang di Kota Cimahi,menyebabkan  satu orang meninggal dunia,yakni seorang warga asing yang bekerja sebagai operator alat berat. selain mengakibatkan korban jiwa,kebakaran juga membuat lahan pesawahan warga gagal tanam dan satu unit kendaraan minibus milik warga ikut hangus terbakar.kebakaran sendiri diduga akibat pipa minyak pertamina yang terkena pengeboran untuk pemasangan tiang pancang,pada proyek kereta cepat Jakarta Bandung.