China Siap Luncurkan Lebih dari 10 ponsel 5G

220

PERUSAHAAN elektronik asal China Xiaomi berencana untuk meluncurkan lebih dari 10 ponsel yang mendukung jaringan 5G pada tahun depan. China merupakan salah satu negara yang pertama yang mulai mengadopsi 5G.

Dilansir dari South China Morning Post, CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan hal tersebut dilakukan perusahaannya untuk menghadapi persaingan ketat di pasar dalam negerinya dengan Huawei.

Lei mengatakan, permintaan ponsel 5G terus meningkat hingga melebihi harapan perusahaan sehingga membuat rantai pasokan terkendala.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, Xiaomi berencana untuk membuat ponsel 5G dengan berbagai model. Mulai dari harga menengah ke atas, menengah, hingga harga yang lebiht terjangkau.

“Orang-orang di industri khawatir bahwa model 4G tahun depan tidak akan laku, ini adalah langkah yang Anda tidak punya pilihan selain mengambil kesempatan,” kata Lei. “Jadi kami berharap operator dapat mempercepat perluasan BTS 5G mereka,” ujar Lei dalam sebuah konferensi internet dunia di China.

Xiaomi sendiri sepanjang 2019 ini telah merilis dua ponsel 5G yakni Mi 9 Pro 5G di China dan juga Mi Mix 3 5G di pasar Eropa.

Menurut Android Authority, kehadiran Xiaomi di Eropa dan India akan semakin kuat. Walau 5G belum tersedia di India, pasar Eropa dirasa cukup menjanjikan karena Huawei tak begitu populer di sana.

Perusahaan telekomunikasi China Mobile menurut Gizmochina dikabarkan telah mengamankan sekitar 5,6 juta pra-langganan 5G. Disusul oleh China Telecom dan China Unicorn yakni 1,9 juta dan 1,8 juta.

Koneksi jaringan 5G di dunia diperkirakan akan mencapai 1,4 miliar pada tahun 2025. (C-003/EKS)***