Mengetahui Ciri “Fuel Pump” Bermasalah

90

Untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke mesin dibutuhkan alat bernama pompa bahan bakar atau fuel pump. Jika alat ini bermasalah,  aliran bahan bakar ke mesin akan terganggu atau terhenti sama sekali.

Fuel pump biasanya beroperasi secara elektris , ditempatkan di dalam tangki atau di atas tangki bahan bakar. Mahal dan murah atau sulit dan gampang dalam hal penggantian alat ini jika rusak, itu tergantung pada desain mobil itu sendiri. Jika posisinya rumit untuk dijangkau, maka waktu dan biaya perbaikan akan lebih mahal.

“Juga jangan lupa bahwa keputusan untuk mengganti fuel pump harus dilakukan  setelah diketahui masalahnya,  bukan pada kelistrikan atau terkait dengan selang bahan bakar,” kata Asep, mekanik bengkel otomotif di Ujungberung Bandung.

Fuel pump biasanya beroperasi secara elektris dan ditempatkan langsung di dalam tangki atau di atas tangki bahan bakar. Mahal dan murah atau sulit dan gampang dalam hal penggantian alat ini jika rusak, itu tergantung pada desain mobil itu sendiri. Jika posisinya rumit untuk dijangkau, maka waktu dan biaya perbaikan akan lebih mahal.

Lalu, bagaimana untuk mengetahui bahwa fuel pump bermasalah? Menurut mekanik kawakan tersebut, tanda-tanda umum dari fuel pump rusak adalah gejala yang dirasakan oleh seluruh pemilik mobil hampir sama. Ketika sedang berjalan, mesin ngebrebet atau terasa kosong (tidak mau berakselerasi) meski pedal gas diinjak. Kemudian mesin akan mati secara tiba-tiba. Gejala lainnya adalah, mobil tak bisa dihidupkan karena bahan bakar tak sampai ke ruang mesin. Meski memang tak semua mobil yang sulit dihidupkan diakibatkan oleh rusaknya fuel pump, tapi bisa disebabkan oleh masalah lain.

Fuel pump ini bisa tersumbat oleh endapan kotoran dari tangki bahan atau kualiatas bahan bakar yang buruk.

 “Ada satu hal yang dapat disimpulkan bahwa fuel pump rusak, yaitu ketika kunci diputar ke posisi ‘On’, tak terdengar motor pompa aktif di dalam tangki atau di lokasi tempat pompa bahan bakar berada,” ucapnya.

Kadang muncul pertanyaan, seberapa sering kita harus mengganti fuel pump? Menurut dia, sebenarnya fuel pump itu awet dan usianya bisa sama dengan usia kendaraan.

“Untuk penggantian biasanya dilakukan jika ada masalah saja, atau kadang sebagai upaya preventif. Pasalnya, fuel pump tidak termasuk dalam perawatan berkala. Banyak kendaraan dilengkapi dengan filter bahan bakar dan alat ini juga tak terbebas dari timbunan kotoran. Jadi sebelum memutuskan mengganti fuel pump, sebaiknya filter ini dibersihkan dulu,” sarannya. (E-002)***