Pesona Curug Kembar Ciparay Di Cigalontang Tasikmalaya

78

Perjalanan Mandalawangi  kali ini  menuju Kabupaten Tasikmalaya , daerah yang berada di wilayah Priangan Timur ini dikenal dengan pesona alamnya yang masih alami. Di wilayah Kabupaten Tasikmalaya kita bisa menemukan  banyak destinasi wisata alam, walau beberapa di antaranya masih dikelola dengan  baik. Kami kali ini mengunjungi sebuah air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug yang dikenal dengan nama Curug Ciparay,  kadang disebut pula Curug Ciparay Kembar karena ada dua curug dalam satu lokasi. Secara administratif lokasi  curug berada di wilayah Dusun Parentas,Desa Cidugaleun,Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Untuk mencapai lokasi dari pusat kota Tasikmalaya diperlukan waktu perjalanan kurang lebih dua jam  menggunakan kendaraan roda empat.

Petunjuk arah yang paling jelas untuk menuju kawasan ini  yaitu dari Singaparna, menuju lokasi hanya sekitar 25 kilometer , lewat Kecamatan Sariwangi dari lokasi ini kawasan Curug Ciparay tinggal menyisakan jarak kurang lebih 6 kilometer lagi. Namun sisa 6 kilometer ini dibutuhkan kesabaran karena jalan yang dilalui merupakan bebatuan, hanya bisa dilalui dengan kendaraan spesifikasi off road baik sepeda motor maupun kendaraan jenis jip.Sesampainya di dusun terdekat kita masih harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki sejauh dua kilometer.Perjalanan menyusuri kawasan pemukiman,persawahan , hingga perbukitan akan memanjakan kita dengan hamparan hijaunya.Selain itu udara dikawasan tersebut masih sangat bersih,  bebas dari polusi .

Kontur jalan sebelum sampai ke curug benar – benar menguras stamina karena turunan serta tanjakan  membuat stamina terkuras.Untuk memasuki kawasan curug  harus membayar tarif Rp 5.000/orang . Berkunjung ke obyek ini  harus membawa bekal makanan,karena penjual makanan dan minuman hanya berjualan pada akhir pekan dan hari libur nasional saja.Topografi kawasan curug sangat cantik dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga.Ada dua curug dengan debit air cukup besar,  curug pertama setinggi 75 meter , sedangkan curug kedua setinggi 55 meter  tidak mengherankan  jika  curug ini disebut curug kembar.

Pemandangan cantik mempesona adalah kesan pertama yang dirasakan oleh para pelancong ke  Curug Ciparay.  Debit air cukup besar berdampak di sekitar curug sangat sejuk,hembusan air dari ketinggian menciptakan fenomena mirip dengan embun . Kita bisa bermain di bawah hempasan air curug tersebut namun tetap harus menjaga keselamatan. Aktivitas favorit pelancong selain bermain air ialah mengabadikan keindahan panorama curug dengan lensa kamera.Kegiatan swafoto dengan latar hempasan air dari atas ketinggian adalah aktivitas lainnya yang sangat digemari oleh pelancong.Para pelancong selain datang dari kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya,adakalanya datang dari berbagai daerah lainnya di Jawa Barat.

(E -001) ***