Petugas Gabungan Gelar Razia Truk Di Ruas Tol Purbaleunyi

31

Petugas gabungan,melakukan razia malam, dengan sasaran sejumlah truk, yang melintas di ruas Tol Purbaleunyi,Bandung Barat,pada Senin malam. Hasilnya,petugas berhasil menjaring puluhan truk yang melanggar,karena overload atau kelebihan muatan,yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas. Pengendara truk yang melanggar,memilih untuk melintas tol malam hari,dengan harapan dapat mengelabui petugas.,

Lebih dari lima puluh truk angkutan barang, kontrainer juga pengangkut pasir, terjaring razia petugas gabungan,di ruas tol purbaleunyi, tepatnya di kilometer 120,kawasan Padalarang,Bandung Barat.Dengan menggunakan alat deteksi dan timbangan khusus,truk yang terjaring razia tak bisa menghindar,karena langsung tercatat beban berat barang yang dibawa.

Hasilnya, petugas menemukan puluhan truk yang melanggar,yang sebagian ooverload atau kelebihan muatan saat melintas di ruas Tol Purbaleunyi,sehingga membahayakan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Selain melakukan tindak penilangan,petugas pun langusung menempelkan stiker peringatan overload dan overdimensi.

Kegiatan razia malam hingga dinihari ini,melibatkan petugas gabungan dari PT Jasa Marga cabang Tol Purbaleunyi, Ditlantas Polda Jabar,Dishub Jabar juga anggota TNI.Biasanya razia deigelar pada siang hari, untuk pertama kalinya razia dilakukan malam hari oleh petugas,karena disinyalir banyak pengendara yang melanggar,melintas tol di malam hari untuk mengelabui petugas.

Selain ditindak, sejumlah truk terpaksa tidak melanjutkan perjalanan dan kendaraan dikandangkan petugas, karena membahayakan keselamatan lalu lintas. Sejumlah truk juga ditemukan dalam kondisi tak layak jalan, karena ban gundul serta bermasalah dalam fungsi rem. Razia ini akan terus dilakukan, karena dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, sering terjadi kecelakaan lalu lintas di Tol Purbaleunyi, salah satunya akibat kelalaian pengemudi truk termasuk adanya kelebihan muatan.,

ALGI MUHAMAD GIFARI, BANDUNG TV