Keindahan Situ Kabuyutan Destinasi Wisata Yang Belum “Terjual” 

37

Situ atau danau ini diwilayah Jawa Barat cukup banyak,salah satunya yang Mandalawngi adalah Situ Kabuyutan yang terletak di perbatasan antara wilayah Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Bungbulang. Dari perkotaan Kabupaten Garut , jaraknya sekitar 80 kilometer. Danau ini bisa diakses dari Jalan Pakenjeng-Bungbulang. Secara administratif berada di Desa Pasirlayung, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Lokasi Situ Kabuyutan dilihat dari letak geografisnya, berada di areal perbukitan yang rmasuk ke dalam zona pegunungan selatan Jawa Barat , hal itu berdasarkan pada pembagian Fisiografi menurut Van Bemmelen 1984. Kondisi ini dapat dilihat dari medan jalan dan pemandangan selama perjalanan menuju Situ Kabuyutan yang didominasi oleh jalan berkelok mengitari lereng perbukitan  cukup terjal dengan jurang  sangat dalam di kedua sisi jalan serta deretan tebing-tebing.

Danau ini bisa diakses dari Jalan Pakenjeng-Bungbulang,  melalui  jalan Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang.Beberapa puluh meter kemudian setelah memasuki kawasan hutan pinus milik Perhutani KPH Garut, perjalanan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Maklum, hanya tersedia jalan setapak melewati hutan pinus untuk  menuju Situ Kabuyutan ini . Jalan menuju danau pun  sangat curam dengan permukaan jalan berupa tanah dan bebatuan. Selain hutan pinus, pengunjung akan melintasi sejumlah hutan semak, kebun dan sawah warga.Pemandangan di kawasan ini masih sangat alami.Satu tips bila berkunjung kesini harus membawa bekal makanan dan minuman,karena dilokasi situ tidak terdapat penjual makanan dan minuman.

Situ Kabuyutan sangat sepi pengunjung,tidak dipungut tiket masuk untuk memasuki area milik Perhutani ini. Di Situ Kabuyutan,  terlihat ada warga yang mencari kayu bakar, pencari ikan dan udang, petani, penyadap getah pinus dan pencari rumput, kerap dijumpai  di sekitar danau. Kesan damai dan sunyi menyelimuti danau yang tersembunyi dibalik perbukitan ini. Hamparan rerumputan hijau nampak mengajak para pengunjung untuk duduk atau tiduran sejenak sambil menikmati pemandangan alam di sekitar danau.Aktivitas yang bisa dilakukan selain menikmati keindahannya ialah mengabadikan visual lansekap dengan lensa kamera.Selain itu bagi para penikmat kesunyian malam bisa menghabiskan malam dengan berkemah dipinggir danau.Sensasi kesunyian malam hanay mendengarkan suara suara binatang menimbulkan sensasi yang tidak bisa  dilukiskan dengan kata kata.Meskipun masih sepi, namun pada hari hari tertentu kita bisa melihat ada beberapa pelancong yang datang, umumnya  para petualang yang sangat menyukai suasana sepi jauh dari hituk pikuk , seperti destinasi wisata populer. (E-001) ***