Pj Sekda Jabar Berpantun di Hari Cinta Satwa 2019

27

BISNIS BANDUNG – Meski berlangsung  sederhana,  peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat,  Selasa (5/11)  di Taman Hutan Raya (Tahura)  Djuanda Bandung sangat  bermakna dan khidmat. Hadirin  berada di atas lahan  526  hektar  dengan udara yang sejuk, bisa mendorong suasana  hati tenang, jauh dari  hirup pikuk perkotaan.

Pj.Sekretaris  Daerah  Jabar, H.Daud Achmad  yang hadir mewakili Gubernur Ridwan Kamil, tampak sumringah di tengah komunitas  lingkungan para rimbawan, pemerhati lingkungan hidup, serta penggiat lingkungan hidup. Rasa  kegembiraannya itu diekspresikan melalui sebuah pantun.

Kurang lebih  begini  pantun yang disampaikannnya, “Jalan-jalan ke Tahura, jangan lupa beli surabi. Angan-angan menambah rimba, Insyaallah akan terjadi,” ujar Daud  yang disambut tawa ceria.  Acara tersebut diisi pula dengan penglepasan burung dan tarian tradisional yang disiapkan panitia.

Hadir pula Kepala Dinas Kehutanan Jabar Epi Kustiawan, Kepala Balai BKSDA Jabar Ammy Nurwati, Kepala UPTD Tahura Djuanda Lianda Lubis, Ketua Forum Mitra Tahura Anshari, serta  kerumunan  melinial.

Dalam sambutan Gubernur Jabar Ridwan Kamil  mengemukkan, sebagai negara ‘Mega Biodiversity’, Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati yang luar biasa dengan sekira 90 tipe ekosistem, 400.000 spesies tumbuhan, dan 300.000 spesies hewan.

Kekayaan dan keanekaragaman hayati  itu  dapat menentukan keberlanjutan pembangunan. Di Jawa Barat sendiri khususnya di Kota Bandung, terdapat Taman Hutan Raya (Tahura) yang juga menjadi penyangga ekosistem Kota Bandung.

Menurut  gubernur,  konservasi keberagaman hayati perlu terus dilakukan karena sangat penting dan menentukan bagi keberlanjutan pembangunan di berbagai sektor di antaranya kehutanan, pertanian, perikanan, kesehatan, ilmu pengetahuan, industri, kepariwisataan dan lainnya. (B-002)***