Orang yang Sakit Merasa Kesulitan Mengakses RSUD

4

BISNIS BANDUNG – Pemdaprov Jabar  hingga kini hanya memiliki  enam rumah sakit umum daerah  (RSUD) dengan sebaran yang kurang merata, sehingga  menyebabkan  masyarakat kesulitan  untuk mengaksesnya.

Anggota Komisi V DPRD  Jabar,  Asep Wahyuwijaya  mengungkapkan pihaknya terus mendorong  eksekutif untuk menambah RSUD. Usulan penambahan RSUD tersebut  guna meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan masyarakat, terutama  di wilayah yang jauh dari pusat kota.

“ Dinas Kesehatan  Jabar harus  proaktif   agar RSUD provinsi ditambah agar health coverage warga Jawa Barat bisa terlayani. Sekarang  baru ada enam, tiga di antaranya adalah RSUD Pameungpeuk Garut, RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung, dan RSUD di Jampang Kulon Sukabumi,” kata Asep kepada wartawan, Selasa  pekan ini.

Pemdaprov Jawa Barat diharapkan  menyediakan RSUD provinsi di lokasi-lokasi lain. Umpamanya di Kabupaten Bogor harus ada RSUD yang melayani 2 juta penduduk.

Asep menambahkan,  hak  mendasar masyarakat di bidang kesehatan harus terus dioptimalkan.  Oleh sebab itu, pemdaprov melalui kebijakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  semestinya  memprioritaskan pemenuhan hak dasar masyarakat.

Idealnya, keberadaan RSUD milik provinsi ini sebanyak 10 hingga 15 lokasi untuk mengurangi beban RSUD provinsi yang sudah ada. Dengan  begitu, beban pelayanan kesehatan di RSUD provinsi  akan lebih meningkat. (B-002)***